TOPIK TERPOPULER

Pura-pura Selidiki Kasus, Polisi Gadungan di Wajo Bawa Kabur Motor Warga

M Reza Pahlevi
Pura-pura Selidiki Kasus, Polisi Gadungan di Wajo Bawa Kabur Motor Warga
Press rilis penangkapan terduga pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di Mapolres Wajo, Rabu (28/7). Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi

WAJO - Aparat kepolisian Polres Wajo membekuk seorang pria bernama Muhammad Erlan alias Cecep (41). Warga Desa Ajuraja, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo itu ditangkap atas dugaan penipuan dan penggelapan sepeda motor lintas daerah.

Saat press rilis di Mapolres Wajo, Rabu (28/7) dijelaskan bahwa Cecep menjalankan aksinya dengan berpura-pura sebagai Reserse Narkoba Polda Sulsel. Kepada korbannya, Cecep meminta dipinjami motor untuk digunakan dalam penyelidikan kasus narkoba.

Baca juga: Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Wajo Meningkat Tiap Tahun

"Modus operandinya pelaku meminjam sepeda motor korban dengan alasan untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan kasus narkoba, karena dihadapan korbannya ia mengaku sebagai anggota Polda Sulsel bagian narkoba. Setelah dipinjamkan, pelaku membawa lari sepeda motor korbannya," ujar Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam Amrullah.

Setelah itu, lanjut Islam, pelaku membawa sepeda motor hasil penipuan dan penggelapannya ke Kabupaten Bone dan Sinjai. Cecep beraksi di sejumlah kabupaten dan kota di Sulsel, seperti Wajo, Makassar, Gowa, Maros, Sidrap, Parepare dan Polman.



Untuk menghindari kejaran polisi, Cecep berpindah-pindah lokasi. Ia akhirnya ditangkap di Polman, Provinsi Sulbar. Polisi juga terpaksa menembak kaki Cecep karena melakukan perlawanan.

Baca juga: Ayah di Wajo Tega Setubuhi Anak Tiri hingga Hamil 5 Bulan

Saat ini Cecep telah diamankan di Mapolres Wajo untuk mempertanggujawabkan perbuatannya. Barang bukti satu unit sepeda motor sport juga telah diamankan pihak kepolisian.

Atas perbuatannya, kata Kapolres Wajo, pelaku dijerat dengan tindak pidana penipuan dan penggelapan, pasal 378 KUHPidana Subsider Pasal 372 KUHPidana. "Pelaku diancam hukuman penjara paling lama empat tahun," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!