TOPIK TERPOPULER

Epidemiolog Sebut Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Makassar Melonjak

Ashari Prawira Negara
Epidemiolog Sebut Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Makassar Melonjak
Epidemiolog menyoroti tingginya kasus kematian akibat Covid-19 yang meningkat dua kali lipat pada pekan ini. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Kasus Covid-19 Kota Makassar dinilai kian mengkhawatirkan. Epidemiolog menyoroti tingginya kasus kematian akibat Covid-19 yang meningkat dua kali lipat pada pekan ini.

Epidemilog Universitas Hasanuddin, Ansariadi mengatakan kasus kematian dalam sepekan ini mencapai titik tertinggi yaitu 53 kasus. Sementara kasus kematian dalam sebulan terakhir mencapai 166 kasus atau mencapai 17% kasus kematian dari total kematian 83 pekan selama pandemi Covid-19.

Meski sebagian besar kasus tersebut menyerang usia senja di atas 50 tahun, kasus pada usia dewasa muda juga dilaporkan mengalami peningkatan.

"Walaupun kasus kematian umumnya pada kelompok di atas 50 tahun, kematian juga mulai terjadi pada umur dewasa muda yaitu 30-39 tahun atau 40-49 tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Luhut Sebut Pemerintah Sudah Mati-matian Tekan Angka Kematian Covid-19



Demikian juga kasus harian di Kota Makassar yang menunjukkan tren serupa. Dari data yang dihimpun, kasus mengalami peningkatan 100% dari bulan sebelumnya dan terjadi di hampir semua kelompok usia.

Tercatat pada pekan keempat Juli 2021, pertama kali kasus mingguan tertinggi sejak pandemi ditemukan yaitu sebanyak 2.255 kasus. Dimana pada pekan pertama Juli 2021, kasus mingguan tercatat masih 860 kasus, yang kemudian meningkat pada pekan kedua yaitu 1.488 kasus, kemudian kembali meningkat menjadi 1.874 di pekan ketiga dan terakhir mencapai 2.255.

Sementara kasus kecamatan secara signifikan juga meningkat secara menyeluruh. Kasus terbanyak ditemukan di lima Kecamatan pada bulan ini yaitu Rappocini sebanyak 861 kasus, Tamalate 774 kasus, Biringkanayya 923 kasus, Panakkukang 733 kasus, Manggala 667 kasus, dan Tamalanrea 602 kasus.

Ansariadi mengatakan hal ini mengindikasikan penularan masih terus berlanjut, dan situasi Covid-19 di Kota Makassar belum terkendali dengan baik.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!