Gelar Pelatihan Asisten Nakes, PDIP: Tak Ada Kata Terlambat Atasi Pandemi

Kamis, 29 Juli 2021 - 14:13 WIB
loading...
Gelar Pelatihan Asisten Nakes, PDIP: Tak Ada Kata Terlambat Atasi Pandemi
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, meninjau kantor partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (29/7/2021). Foto/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Walau belum melaksanakan peresmian Gedung Sekolah Partai yang terletak di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, namun DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) langsung memfungsikan tempat itu sebagai lokasi pelatihan asisten tenaga kesehatan (nakes). Baca Juga: PDIP
"Saat ini, untuk yang paling mudah kita lihat adalah bagaimana kita butuh petugas sebagai asisten nakes untuk membantu penyuluhan, vaksinasi, dan swab. Ini penting supaya testing-tracing-dan treatment bisa berjalan baik," kata Sri Rahayu dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: PDIP
Terkait hal itu, Sekolah Partai tersebut sudah dinyatakan siap dan hari ini ditinjau oleh Sekjen Hasto Kristiyanto. "Minggu depan akan diadakan pelatihan asisten tenaga kesehatan. Bagi kita, kesehatan ini sangat penting. Dan tidak ada kata terlambat di dalam penanganan pandemi Covid 19," ucap Sri Rahayu.

Ketua DPP PDIP bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana, Ribka Tjiptaning, menjelaskan bahwa selama ini, eks kantor pusat PDIP yang kini menjadi Sekolah Partai itu, memang sudah memiliki fungsi sosial.

Selain sebagai salah satu lokasi berbagai peralatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, sebuah klinik sudah beroperasi di sana. "Ada dokter yang bertugas. Setiap hari puluhan warga berobat dan dilayani di sana," kata Ribka.

Pelatihan asisten tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan oleh PDIP jadi bagian dari berbagai kegiatan partai di masa pandemi covid-19 ini. Kata Ribka, partai juga terus mengintensifkan dapur-dapur umum di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu logostik, khususnya bagi warga yang mengalami isolasi mandiri.

"Ini sejalan dengan perintah Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri, yang terus memantau dan memberi arahan agar kader partai terus menghadirkan wajah kemanusiaan, turun di tengah rakyat dan membantu yang kesusahan," jelas Ribka.

Selain itu, PDIP juga berkomitmen membantu Pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. Para kader dan pengurus partai di berbagai wilayah Indonesia diinstruksikan untuk melaksanakannya.

Harapannya, sesuai target Pemerintah, kekebalan komunitas bisa tercapai sehingga aktivitas sosial dan ekonomi bisa semakin dilonggarkan. Di tengah pelonggaran itu, pelatihan Asisten Nakes sangat tepat untuk membantu penyuluhan dan berbagai bentuk pelayanan kesehatan.

"Kurikulum Sekolah asisten nakes tersebut diambil dari best practices penangganan Covid, termasuk bagaimana dukungan keluarga, bagaimana hasil empiris berupa best pratices penyembuhan pasien Covid oleh dokter berpengalaman hingga makanan apa yang paling tepat bagi penderita Covid," ujar Ribka setelah berkoordinasi terkait penyusunan kurikulum bersama Hasto Kristiyanto dan Sri Rahayu.

Untuk diketahui, hari ini Hasto Kristiyanto meninjau kantor partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dahulu kantor ini adalah kantor pusat partai, sebelum pindah ke Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Lokasi di Lenteng Agung ini diubah menjadi lokasi Sekolah Partai.

Selain ruang kelas dan tempat tidur berkapasitas 200 orang, Sekolah Partai ini juga memiliki Kantin Mustika Rasa dan Perpustakaan bernama Soekarno Corner.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8908 seconds (0.1#10.140)