TOPIK TERPOPULER

Pemkab Pangkep Ikutkan Ribuan THL Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Muhammad Subhan
Pemkab Pangkep Ikutkan Ribuan THL Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (dua dari kiri) usai penandatanganan perjanjian kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep meneken perjanjian kerja sama (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (29/7). Kegiatan dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Pangkep.

Perjanjian kerja sama ini terkait ribuan tenaga harian lepas (THL) lingkup Pemkab Pangkep yang diikutkan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Ribuan Warga Pangkep Dapat Bantuan Beras Selama Penerapan PPKM

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau mengatakan, kebijakan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan jaminan kepada THL.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pangkep, Muhammad Gazali mengatakan, total ada 3.100 THL yang diikutkan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. THL ini tersebar di sejumlah OPD. Nantinya, iuran akan dibayarkan melalui DPA Dinas Ketenagakerjaan.



"MoU ini berlaku dua tahun, 2021 dan 2022. Berdasarkan validasi dari Disnaker, jumlahnya 3.100," jelasnya.

Baca juga: ASN di Pangkep Tukar Tabung Gas 3 Kg dengan Bright Gas

Sementara itu, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, Hendrayanto mengatakan untuk iuran kepesertaan tidaklah terlalu besar untuk dua perlindungan. "Rp5.400 itu dua program, kecelakaan kerja dan jaminan kematian," katanya.

Selain penandatanganan MoU, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan pemberian santunan jaminan kematian dan bantuan beasiswa kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!