TOPIK TERPOPULER

Wakil Ketua DPRD Sulsel Usul TNI-Polri Awasi Tambang Liar di Bontonompo

Muhaimin Sunusi
Wakil Ketua DPRD Sulsel Usul TNI-Polri Awasi Tambang Liar di Bontonompo
Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin saat mengunjungi lokasi penambangan liar di Bontonompo. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin geram melihat aktivitas tambang pasir yang diduga ilegal di Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Dari aspirasi yang diterimanya, masyarakat sekitar sudah resah dengan keberadaan tambang ini.

Wawan mengatakan, pihaknya akan meminta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi untuk mengirim utusan ke lokasi tambang galian C tersebut. Letaknya di Lingkungan Giring-giring, Lelurahan Kalaserena, dan Lingkungan Gangga, Kelurahan Yamanglayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.

"Saya akan minga untuk dinas pertambangan agar anggotanya ke sana. Mengecek langsung bahwa masyarakat memang meresahkan galian tambang itu," kata Wawan, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Masyarakat Sulsel Terharu Lihat Rahmat Erwin Sabet Medali di Olimpiade

Dia bahkan memberi ultimatum kepada pihak operasional tambang tersebut jika masih beraktivitas. Wawan menuturkan, DPRD bakal menyiapkan TNI dan Polri untuk menjaga lokasi itu. Apalagi persoalan ini sudah pernah diadukan masyarakat setempat dan di bahas di DPRD Sulsel pada (28/7/2021).



"Kalau masih beraktivitas, kita siap melibatkan anggota TNI dan Polri untuk berjaga. Anggarannya akan kita siapkan di (APBD) perubahan," ujarnya.

Politisi Gerindra ini menyayangkan jika ada aktivitas tambang galian apapun itu di lokasi tersebut. Sebab menurutnya, tak tepat jika di sana dilakukan penambangan.

Baca Juga: Stok Vaksin di Sulsel Menipis, Program Percepatan Vaksinasi Berpotensi Terhambat

Dia lalu menyarankan agar aktivitas tambang dialihkan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Je'neberang. Atau bisa juga di Bendungan Bili-bili yang pasirnya butuh dikeruk agar semakin dalam.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!