Salurkan Beras PPKM ke 28,8 Juta Keluarga, Bulog Jamin Mutunya

Jum'at, 30 Juli 2021 - 10:52 WIB
loading...
Salurkan Beras PPKM ke 28,8 Juta Keluarga, Bulog Jamin Mutunya
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perum Bulog memastikan program bantuan beras PPKM yang menyasar 28,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia akan disalurkan tepat kualitas dan sesuai ketentuan.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto menyebut, pihaknya memastikan kualitas dan kuantitas beras dari gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia akan terjamin baik. Untuk itu, pengawasan dan pengendalian kualitas dan kuantitas jumlah beras akan terus dipantau melalui quality control management.

“Kami sudah membentuk tim monitoring dan evaluasi (nonev) yang berkomitmen untuk memastikan kualitas dan kuantitas beras yang disalurkan sesuai dengan ketentuan. Jadi kami akan all out menyukseskan program ini guna memenuhi kebutuhan pangan bagi keluarga penerima yang terdampak pandemi Covid-19," ungkapnya, Jumat (30/7/2021).



Bulog dipercaya menyediakan beras untuk program bantuan beras PPKM dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebanyak 288.000 ton untuk 28,8 juta KPM.

Terkait mekanisme penyalurannya, setelah melewati petugas pengawas kualitas beras di gudang, selanjutnya bantuan beras PPKM diserahkan ke jasa pengangkut yang telah ditetapkan. "Sesuai data yang diberikan Kementerian Sosial kepada Bulog dan titik yang disepakati aparat terkait,” sebutnya.

Manajemen Bulog menyadari tugas pemenuhan pangan bagi masyarakat yang terdampak dan tugas stabilisasi harga beras di setiap daerah akan berjalan dengan baik apabila terdapat sinergi di antara seluruh pihak, terutama dari pemerintah daerah, dinas terkait, hingga aparat dan para pemangku kepentingan.



"Untuk itu kami berharap kepada seluruh pihak yang terlibat untuk bekerjasama dalam menyukseskan program ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, bantuan beras PPKM dicairkan seiring pemberlakuan PPKM Level 4 Jawa-Bali sejak tanggal 3 Juli dan diperpanjang sampai dengan 2 Agustus 2021. Selain tambahan bantuan beras, pemerintah juga menyalurkan bantuan langsung tunai, diskon tarif listrik, kartu sembako, bantuan PKH dan bantuan UMKM.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)