Dinkes Kabupaten Wajo Kehabisan Stok Vaksin Covid-19

Rabu, 04 Agustus 2021 - 08:20 WIB
loading...
Dinkes Kabupaten Wajo Kehabisan Stok Vaksin Covid-19
Stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Wajo telah habis, Selasa (3/8/2021). Foto/Ilustrasi
A A A
WAJO - Stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Wajo telah habis, Selasa (3/8/2021). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wajo , drg Armin.

Stok vaksin habis setelah disalurkan kepada sejumlah masyarakat. Sejauh ini, sudah ada 92.407 masyarakat di Kabupaten Wajo yang telah divaksin. Rinciannya, 64.378 untuk dosis pertama dan 28.029 orang yang telah menerima dosis kedua.

"Vaksin yang tersedia di Kabupaten Wajo saat ini sudah habis," kata drg Armin kepada SINDOnews, Selasa (3/8/2021).

Menurut dia, belum ada informasi mengenai kapan vaksin dapat kembali tersedia untuk masyarakat di Kabupaten Wajo. Pihaknya juga terus mengupayakan agar vaksin dapat kembali tersedia.

"Belum ada informasi kapan restok, tapi kami selalu intens meminta," katanya.



Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Wajo, Arsyad menjelaskan, walau saat ini stok vaksin di Kabupaten Wajo telah habis, namun ia meminta kepada masyarakat yang telah di vaksin untuk dosis pertama agar tetap tenang, sebab keterlambatan dalam menerima vaksin dosis kedua dilihat dari interval minimal, bukan interval maksimal.

"Walaupun pemberian dosis kedua agak telat, yang artinya kekebalan tetap ada namun belum maksimal. Tapi pada saat dapat dosis kedua maka terbentuklah kekebalan yang optimal," katanya.

Diketahui, pemberian vaksin dosis pertama bertujuan untuk mengenali imun dalam tubuh dan membentuk kekebalan, sehingga diberi interval waktu.

"Jadi sebenarnya dosis kedua itu menentukan tingkat kekebalan seseorang, artinya kalau belum mendapatkan dosis kedua berarti belum mendapatkan kekebalan optimal," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)