Pembangunan Infrastruktur Jalan di Wajo Dongkrak Perekonomian Warga

Rabu, 04 Agustus 2021 - 11:10 WIB
loading...
Pembangunan Infrastruktur Jalan di Wajo Dongkrak Perekonomian Warga
Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Mustafa berkunjung kebeberapa desa yang telah merasakan dampak pembangunan dari PISEW. Foto: Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun 2021 di Desa Rumpia dan Watan Rumpia, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo telah rampung. Proyek tersebut dinilai berhasil mendongkrak prekonomian masyarakat setempat.

Warga Desa Rumpia, Ali mengatakan, PISEW merupakan program yang mampu menyelesaikan sejumlah keluh kesah masyarakat di Desa Rumpia, utamanya terkait permasalahan infrastruktur jalan.

Program tersebut mendapat banyak apresiasi dari masyatakat, pasalnya dinilai mampu mendongkrak penghasilan warga, utamanya para petani.



"Sebelum desa kami tersentuh program PISEW, mobilitas angkut muat pedagang begitu sulit, alhasil nilai jual hasil panen merosot akibat sulitnya medan jalan untuk mengangkut hasil panen warga. Namun semuanya kini sudah teratasi berkat program PISEW. Harga dari hasil panen kami naik dengan adanya perbaikan infrastruktur yang memudahkan angkut muat," ujar Ali kepada SINDOnews, Selasa (3/8/2021).

Anggota DPRD Kabupaten Wajo , Mustafa mengatakan, program PISEW dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

Program PISEW tersebut sebagai pendukung perekonomian dimana program tersebut merupakan salah satu aspirasi dari Anggota DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras.



"Kemarin saya berkunjung ke beberapa desa yang sudah merasakan program PISEW, masyarakat yang sudah merasakan dampak dari program itu sangat senang dan menitipkan ucapan terima kasih kepada Andi Iwan sebagai Wakil Rakyat di DPR RI yang memperjuangkan program PISEW masuk ke sejumlah desa yang ada di Kabupaten Wajo," katanya.

Menurut Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra itu, salah satu tujuan PISEW hadir untuk masyarakat di Kabupaten Wajo yakni untuk mendistribusikan dana pembangunan hingga ke desa-desa.

Program itu dianggap berhasil, sebab mampu mendongkrak prekonomian masyarakat, terutama para petani yang sangat terbantu dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan.

“Selain untuk meningkatkan daya beli masyarakat, juga bertujuan mendistribusikan dana pembangunan hingga ke desa dan pelosok. Respons masyarakat sangat puas, dan nilai plusnya hasil jual dari hasil panen masyarakat meningkat," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)