TOPIK TERPOPULER

Epidemiolog Beberkan Tempat Isolasi Ideal bagi Pasien Covid-19

Ashari Prawira Negara
Epidemiolog Beberkan Tempat Isolasi Ideal bagi Pasien Covid-19
Isolasi Apung KM Umsini yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebagai tempat isolasi yang dikeluhkan pasien Covid-19. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Sejak resmi beroperasi pada Senin (2/8/2021) lalu, Isolasi Apung KM Umsini yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebagai tempat isolasi untuk pasien Covid-19 terus dikeluhkan, mulai dari sarana dan prasarana hingga isu higienitas yang mendesak untuk dibenahi.

Konsep tempat isolasi yang ideal diperlukan karena kenyamanan pasien Covid-19 merupakan prioritas agar imun mereka meningkat dan segera sembuh.

Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin, Ansariadi menjabarkan sejumlah kriteria isolasi yang dinilai ideal bagi pasien Covid-19.

Prinsip dasar isolasi adalah memisahkan masyarakat yang sakit dan sehat. Hanya saja, hal itu tetap memperhatikan sejumlah kaidah, termasuk bagaimana pelayanan kepada masyarakat yang diisolasi.

"Orang itu kalau diisolasi adalah bagaimana kenyamanannya, bagaimana keamanannya dan juga bagaimana kesehatannya harus dipikirkan, supaya selama di tempat isolasi itu tidak menimbulkan masalah baru," katanya.



Baca Juga: Pasien Covid-19 Keluhkan Kondisi KM Umsini yang Jadi Isolasi Apung

Ansariadi mewanti-wanti, persoalan baru berpotensi muncul, misalnya penyakit baru akibat buruknya higienitas serta tingkat stres yang tinggi.

"Jadi pada prinsipnya higienitas itu terpenuhi, karena ini jangan sampai ada penyakit baru yang muncul," lanjutnya.

Selain itu, tempat isolasi yang ideal adalah bagaimana akses ke lokasi tempat rujukan bisa lebih mudah. Hal itu untuk memastikan situasi dapat terkendali jika terjadi situasi kritis.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!