Bilic bertumpu Mandzukic dan Jelavic

Kamis, 14 Juni 2012 - 04:48 WIB
Bilic bertumpu Mandzukic dan Jelavic
Bilic bertumpu Mandzukic dan Jelavic
A A A
Sindonews.com - Absennya Ivica Olic tak lagi membuat Pelatih Kroasia Slaven Bilic pusing tujuh keliling. Pasalnya, duet Mario Mandzukic dengan Nikica Jelavic di depan bisa jadi tumpuan.

Tanpa Olic, striker Bayern Muenchen, ketajaman barisan depan Kroasia tak perlu diragukan. Kemenangan 3-1 atas Republik Irlandia jadi bukti. Torehan itu merupakan awal baik bagi Kroasia. Mandzukic-Jelavic kembali jadi harapan Kroasia saat meladeni Italia pada laga kedua mereka di penyisihan Grup C di Municipal Stadium, Poznan, malam ini. Pada laga perdana lalu, Mandzukic berhasil menunjukkan kelas sebagai striker haus gol.

Tidak hanya itu, dia juga menunjukkan dirinya patut diwaspadai. Dua gol yang dicetak ke gawang Rep Irlandia membuatnya menjadi sosok pahlawan bagi Kroasia. Begitu juga dengan Jelavic. Aksi dari dua striker ini memantapkan posisi Kroasia sebagai pemimpin Grup C. “Jika Anda tidak memiliki striker yang bisa mencetak gol, Anda sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan,” ungkap Bilic, dilansir SI.

Bilic pun sangat terkesan dengan penampilan keduanya. Gol cepat Mandzukic pada menit ketiga membuat Kroasia berhasil unggul cepat. Meski dalam keadaan unggul, kedua ujung tombak Kroasia ini tak mau berhenti menebar ancaman ke lini pertahanan Rep Irlandia. Kedua pemain tersebut patut disejajarkan dengan Olic yang dibekap cedera sebelum Piala Eropa 2012 digelar. Olic cedera dalam pertandingan persahabatan melawan Norwegia.

Kehilangan sang striker veteran Bilic langsung berpaling kepada Mandzukic dan Jelavic. Piala Eropa 2012 ini bukanlah pertama kali mereka memperkuat Kroasia. ''Ini bukan hanya karena mereka mencetak gol, tapi mereka juga mampu mempertahankan bola saat mendapat tekanan dari lawan. Mereka tetap tampil bagus meski kerap kali ditekan dengan sangat keras. Mereka adalah pemain yang membuat kami unggul dan meraih kemenangan,” ujarnya.

Bilic mengungkapkan permainan Kroasia membuatnya terkesan. Dia menilai setiap pemain memainkan peran dengan baik di semua posisi.Tidak hanya lini depan, tapi juga lini tengah yang tampil apik.

Gelandang serang Kroasia Luka Modric yang menjadi jenderal lapangan tengah sangat fantastis dalam memberikan dukungan kepada Mandzukic dan Jelavic. Tidak hanya memenangkan laga, tapi mereka juga mampu menguasai permainan sejak menit awal.
Penampilan apik duet tersebut mendapat aplaus dari Modric. Playmaker Kroasia itu menilai keduanya sangat impresif. Mereka bekerja dengan sangat baik.

''Kontribusi mereka untuk tim patut diberi pujian. Mereka telah menambah kepercayaan diri kami. Seperti itulah yang kami harapkan. Mandzukic dan Jelavic menunjukkan permainan yang sangat menakjubkan. Secara keseluruhan, semua pemain berada dalam tingkat terbaik mereka,” papar Modric, dilansir Daily Mail.

Dengan kondisi ini, pasukan Bilic punya modal cukup untuk meladeni Italia. Dengan kolektivitas permainan timnya, Kroasia diyakini mampu memberikan ancaman kepada Gli Azzurri yang menahan imbang Spanyol 1-1 pada laga perdana mereka.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5081 seconds (0.1#10.140)