Nakes di Maros Terima Vaksin Dosis Ketiga Pekan Depan

Senin, 09 Agustus 2021 - 10:22 WIB
loading...
Nakes di Maros Terima Vaksin Dosis Ketiga Pekan Depan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros berencana memberikan suntikan vaksin ketiga (booster) untuk tenaga kesehatan. Foto/Ilustrasi
A A A
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros berencana memberikan suntikan vaksin dosis ketiga (booster) untuk tenaga kesehatan (nakes) di seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Maros.

Pemberian vaksin ini akan mulai dilakukan paling lambat pekan depan. Pemberian vaksin ketiga jenis Moderna ini ditujukan untuk melindungi para nakes dari infeksi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maros , dr Yunus mengatakan, akan mulai menjalani penyuntikan vaksin ketiga pada pekan depan. Penyuntikan akan diberikan kepada selurun nakes yang ada di Maros.

Hanya saja, kata mantan Kepala Puskesmas Bantimurung ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi nakes sebelum menerima vaksin dosis ketiga ini.



"Untuk nakes, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima vaksin ketiga. Salah satunya adalah jarak vaksin kedua dengan vaksin ketiga ini sekitar tiga bulan. Mereka juga tidak sedang terpapar Covid-19," jelasnya kepada SINDOnews.

Yunus menambahkan, saat ini pihaknya sementara melakukan screening dan swab bagi nakes di seluruh puskesmas dan rumah sakit.

"Kami saat ini fokus untuk mengscreening. Jadi kemungkinan untuk melakukan screening ini akan memakan waktu sepekan. Makanya kami targetkan pelaksanan vaksin tahap tiga untuk nakes baru akan dilakukan pekan depan. Karena memang masih harus menunggu hasil swab mereka dulu baru dilakukan vaksinasi," ujarnya.

Yunus mengatakan, untuk mempercepat pelaksanaan vaksin ini, pihaknya akan mengejar vaksinasi di 14 kecamatan secara cepat. Pihaknya tidak akan menunggu hasil screening selesai secara menyeluruh.

"Kalau ada 1 puskesmas yang nakesnya sudah bisa divaksin minimal 12 orang atau 14 orang maka akan kami lakukan vaksinasi. Kami tidak menunggu selesainya screening. Ini untuk mengejar target. Karena memang vaksin yang ada saat ini berbeda dengan vaksin Sinovac . Vaksin Moderna masa belakunya hanya tiga bulan saja," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9050 seconds (0.1#10.140)