TOPIK TERPOPULER

2 Wakil Sulsel Ikut Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional

Syachrul Arsyad
2 Wakil Sulsel Ikut Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional
Sulsel mengirimkan dua orang wakilnya untuk menjadi Paskibraka. Foto: Antara

MAKASSAR - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel meloloskan 75 siswa dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021. Ada dua siswa di antaranya yang bakal diutus menjadi perwakilan Sulsel di tingkat nasional.

Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis menjelaskan, penetapan itu usai menyeleksi 100 siswa SMA utusan tiap kabupaten/kota di Sulsel. Seleksi sebelumnya digelar di GOR Sudiang Makassar pada 19-20 Mei lalu, dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Memaknai Semangat Budi Utomo, Sekprov Ajak Optimalisasi Peran dalam Pembangunan

Dari 75 orang tersebut, 73 di antaranya merupakan Paskibraka Tingkat Sulsel. Rinciannya, 37 putra dan 36 putri. Mereka akan bertugas dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Rumah Jabatan Gubernur pada 17 Agustus mendatang.

Sementara dua siswa lainnya diutus menjadi perwakilan Sulsel dalam seleksi Paskibraka Tingkat Nasional yang bakal bertugas di Istana Negara. Mereka yakni, Andi Tegar Ahri Mahesa (siswa asal Kabupaten Bulukumba) dan Genaya Desembria (siswi asal Kota Makassar).

“Mereka langsung mengikuti pemusatan latihan. Hanya saja di sana nanti ada beberapa tes untuk keperluan penempatan penugasan pada formasi pasukan, apakah itu masuk dalam pasukan 17 dan pasukan 8 yang bertugas sebagai pembawa baki dan pengibar,” jelas Arwin yang dihubungi, Jumat (21/5/2021).

Dispora Sulsel pun sudah bertemu Wali Kota Makassar, kemarin. Untuk memperkenalkan salah satu utusan Sulsel pada Paskibraka Nasional. Siswi yang bersekolah di SMAN 17 Makassar, atas nama Ginaya Desembria.

Baca juga: Plt Gubernur Tinjau Perencanaan Jalan Tambang di Kawasan Sungai Jeneberang

"Kita menghadap ke wali kota dalam rangka melaporkan bahwa panitia seleksi penerimaan calon paskibraka telah berhasil memilih salah satu yang terbaik dari 100 siswa kabupaten/kota yang ikut seleksi, yakni siswa dari SMAN 17 Makassar Ginaya Desembria untuk tampil di istana negara,” paparnya.

Rencanaya, dua utusan Sulsel bakal diberangkatkan ke Jakarta pada Juli mendatang. Dia berharap, dua siswa utusan Sulsel bisa masuk terpilih dalam formasi barisan utama Paskibraka Tingkat Nasional.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!