TOPIK TERPOPULER

Ini Pesan Presiden Jokowi Saat Perayaan Tahun Baru Islam

Rakhmatulloh
Ini Pesan Presiden Jokowi Saat Perayaan Tahun Baru Islam
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Sindonews/dok

JAKARTA - Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriyah digelar terbatas, bahkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan, banyak yang berbeda dan berubah dari perayaan hari-hari besar Umat Islam tersebut karena masa pandemi.

"Banyak hal berubah di masa pandemi bulan lalu kita merayakan Idul Adha yang tidak normal," kata Jokowi saat sambutan perayaan 1 Muharram 1443 H, Istighotsah dan Doa Tolak Bala untuk Keselamatan Bangsa yang digelar PBNU, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Tahun Baru Islam, Jokowi: Menjalankan Protokol Kesehatan Bagian dari Hijrah

"Sebagian besar yang menjalani malam takbir solat id di rumah. Masyarakat tidak melakukan takbir keliling yang tidak biasa. Itu semua karena kita mematuhi protokol kesehatan demi mengatasi pandemi," ucapnya.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, ancaman Covid-19 utamanya varian delta telah memaksa kita untuk berubah dan banyak melakukan penyesuaian dalam berbagi kegiatan termasuk kegiatan keagamaan.



"Itu merupakan ikhtiar kita sperti perintah hijrah Nabi Muhammad. Kesadaran untuk menjadi lebih baik, kesadaran untuk hal hal yang lebih besar. Kesadaran membangun hidup baru yang lebih baik. Masa pandemi ini juga memberikan pelajaran berharga untuk kota lakukan," ujarnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu lalu menuturkan, dahulu perjuangan Rasulullah SAW dari Makah ke Madinah telah membuat Islam berkembang menyebar luas dan disegani di wilayah Jazirah Arab.

Saat ini kata Jokowi, perjuagan harus terus dilakukan yakni dibutuhkan pengorbanan yang menghambat kemajuan, diperlukan kebersamaan, keberanian dan solidaritas. Perbedaan latar belakang sosial dan budaya justru menjadi kekuatan.

Baca Juga: Atasi Pandemi, Luhut: Jokowi Panglima Tertinggi, Saya dan Airlangga Komando



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!