alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Apresiasi Keputusan Kemendikbud Hapus Ujian Nasional

Ashari Prawira Negara
Pemkot Apresiasi Keputusan Kemendikbud Hapus Ujian Nasional
Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat menghapus jian nasional (UN) 2020.

"Kita mengikuti Pemerintah Pusat, saya rasa itu langkah yang sangat bagus yah," ujar Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb kepada SINDOnews.

Rencana Iqbal akan mengkoordinasikan hal ini ke Dinas Pendidikan Kota agar kiranya bisa dilakukan sosialisasi penghapusan itu. "Kami belum ada surat resminya, begitu ada kami akan tindaklanjuti segera, nanti kami akan sosialisasikan ke sekolah-sekolah," ujarnya.



Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abdul Rahman Bando menuturkan bahwa untuk rujukan lebih lanjut terkait kejelasan teknis dan semacamnya, pihaknya masih menunggu instruksi dari Pusat.

Persoalan penilaian sendiri dinilai Rahman bukan merupakan perdebatan yang baru di kalangan pendidikan Indonesia. Apakah memang benar-benar layak diberikan kepada sekolah atau tidak. "Memang ada pendapat bahwa kenapa tidak diserahkan saja ke sekolah untuk melakukan evaluasi, meskipun ada juga yang berpendapat bahwa masih perlu dilakukan UN dan saya kira karena ini kebetulan saja kita ketemu dengan situasi yang kurang kondusif," ujar Rahman.

Hal ini tentu saja cukup berat jika tetap ingin mengadakan UN karena mereka kata Rahman, harus ke sekolah terlebih dahulu sementara pemerintah saat ini tengah meminimalisir kontak fisik antar masyarakat.

Rahman menambahkan bahwa saat ini juga tengah ada kajian teknis lapangan ke depan seperti apa, terkait sistem penilaian atau penentu kelulusan dari siswa. "Sebetulnya kalau evaluasi mengenai prestasi dan tingkat peneriamaan peserta didik, nah biar tidur matanya itu guru-guru dia hapal betul bahwa ini layak dan tidak," katanya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook