alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rehabilitasi Mattoanging Jalan Terus, Manajemen Konstruksi Mulai Dilelang

Syachrul Arsyad
Rehabilitasi Mattoanging Jalan Terus, Manajemen Konstruksi Mulai Dilelang
Rencana rehabilitasi Stadion Mattoanging Andi Mattalatta terus berjalan. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Rencana rehabilitasi Stadion Mattoanging Andi Mattalatta terus berjalan. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel mulai melelang manajemen konstruksi untuk memuluskan rencana tersebut.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan, lelang manajemen konstruksi ini sebagai tahap lanjutan sebelum memulai pengerjaan fisik.

Berdasarkan informasi pada sistem layanan pengadaan sistem elektronik (LPSE), lelang ini dianggarkan dana sebesar Rp4 miliar. "Manajemen konstruksi ini untuk menunjuk konsultan pengawas. Nanti tugas pengawas ini akan membantu mereview. Misalnya kalau ada nanti DED, ada pengerjaan fisik, dia konsultan pengawas di lapangan," ujar Muhlis yang dihubungi SINDOnews, kemarin.



Dia melanjutkan, konsultan pengawas ini akan menjadi perpanjangan tangan Dispora Sulsel. Kata Muhlis, pengawas yang ditunjuk nantinya punya tanggung jawab dalan proses rehabilitasi stadion kedepan.

Muhlis mengaku, setelah lelang manajemen konstruksi ini masih ada dua tahapan lagi sebelum pengerjaan fisik dimulai. Selanjutnya, akan dilakukan lelang perencanaan kontruksi, laku tahapan akhir jasa konstruksinya.

Dua tahapan yang dimaksud, yakni lelang perencanaan konstruksi untuk detail engineering design (DED). Kemudian dilanjutkan lagi dengan lelang jasa konstruksi fisik, atau pemilihan kontraktor yang akan mengeksekusi pengerjaan rehab. "Perencanaan konstruksi selesai, baru kita proses pekerjaan fisik. Jadi memang agak panjang prosesnya. Kita lengkapi dulu administrasinya. Dua tahapan ini juga sementara kita godok," sambungnya.

Sekretaris Tim Rehabilitasi Stadion Mattoanging ini menargetkan, lelang jasa konstruksi untuk pengerjaan fisik stadion bisa dimulai awal Juni mendatang. "Kita komitmen dengan LKPP, Inspektorat dan tim teknis, mudah-mudahan jalan sesuai jadwal dan tidak asa hambatan," sambungnya.

Disamping melaksanakan lelang manajemen konstruksi, audit konstruksi terhadap Stadion Mattoanging pun tengah berjalan.

Pemeriksaan struktur bangunan ini dilakukan tim audit forensik dari Universitas Hasanuddin (Unhas).

Audit fisik ini akan menjadi penentu, bagian bangunan di kawasan stadion yang akan dibongkar dan dipertahankan. Dispora Sulsel menunggu hasil rekomendasi atas program itu dari tim audit pada 22 April mendatang. "Sambil jalan lelang manajemen konstruksi, kita menunggu rekomendasi tim audit. Artinya kita jalan beriringan semua tahapannya. Kita harap percepatan rehab ini bisa dilakukan. Ini kita harap supaya mulus," jelas Muhlis.

Diketahui, Pemprov Sulsel telah menganggarkan dana Rp200 miliar di APBD 2020 untuk tahap awal rehab stadion Mattoanging. Untuk menjadikannya sebagai stadion bertaraf internasional, sekiranya masih dibutuhkan dana Rp700 miliar lebih.

Sebelumnya, Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis menambahkan, Pemprov Sulsel juga mendorong pengembangan stadion bisa diakomodir melalui APBN.

Dia meminta masyarakat agar bersabar dan mendoakan kelancaran proyek strategis Pemprov Sulsel ini. "Kami juga berupaya memohon dana dari Pemerintah Pusat. Alhamdulillah, Menpora merespons positif. Insya Allah Menpora akan memasukkan dalam prioritas penganggaran tahun 2021," tukas Arwin.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook