Dinas Ketahanan Pangan Luwu dan TP PKK Ajak Tanam Kelor

Kamis, 12 Agustus 2021 - 21:38 WIB
loading...
Dinas Ketahanan Pangan Luwu dan TP PKK Ajak Tanam Kelor
Dinas Ketahanan Pangan Luwu dan TP PKK melakukan sosialisasi tanam kelor. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), melakukan budidaya daun kelor.

Hal tersebut ditandai dengan sosialisasi sekaligus launching Gerakan Menanam Pohon Kelor se-Kabupaten Luwu, dilaksanakan di Desa Salu Paremang Selatan Kecamatan Kamanre, Kamis (12/8/2021).



Menurut Kadis Ketahanan Pangan, Zainal Said, pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja bidang konsumsi dan keamanan pangan, yaitu program pemanfaatanp Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

"P2L merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, diharapkan hasil menanam sayuran di pekarangan rumah dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga," katanya.

Mantan Sekretaris Dinas Perikanan ini, menjelaskan, Kegiatan P2L merupakan kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat atau Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk budidaya berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan anggota yang dilakukan di lahan tidur maupun pekarangan sekitar tempat tinggal dengan menggunakan polibag maupun barang yang tidak terpakai.

Khusus di Desa Salu Paremang, budidaya taman kelor dilakukan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kamanre dan TP PKK Kab Luwu. Ada 2 KWT di wilayah ini yang sudah melaksanakan, yakni KWT Harapan Sejahtera dan KWT Bina Karya.

"Selain menjadi contoh bagi masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran, 2 KWT ini juga menyediakan bibit bagi warga dan membantu memberikan edukasi cara menanam dan pemberian pupuk pada tanaman," lanjutnya.



Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kab Luwu , Roslina Kasjim, mengutarakan, saat ini TP PKK Kabupaten Luwu terus melakukan program-program pembinaan terutama dalam hal pemenuhan gizi keluarga untuk menghindarkan terjadinya stunting pada anak balita akibat dari gizi buruk.

"Pada kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih atas sinergitas dari Kadis Ketahanan Pangan yang telah mendukung program TP PKK terutama pembinaan Ibu-ibu dalam pemenuhan gizi keluarga. Gerakan menanam pohon kelor ini telah kami sosialisasikan ke rumah-rumah warga dengan mengajak masyarakat menanam minimal 2 pohon disetiap pekarangan rumah," ujarnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)