Dinas Kesehatan Wajo Luncurkan Program Go Cantik Cegah DBD

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 08:56 WIB
loading...
Dinas Kesehatan Wajo Luncurkan Program Go Cantik Cegah DBD
Dinkes kabupaten Wajo meluncurkan aplikasi Gerakan Wajo Mencari Jentik (Go Cantik), Kamis (12/8/2021). Foto: Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wajo terus berupaya melakukan pencegahan penularan Demam Berdarah Dengue ( DBD ). Salah satunya dengan menghadirkan inovasi berupa aplikasi Gerakan Wajo Mencari Jentik (Go Cantik), Kamis (12/8/2021).

Kepala Dinkes Wajo, drg Armin menjelaskan, Go Cantik bertujuan menjadikan Kabupaten Wajo sebagai kabupaten bebas jentik sehingga memiliki manfaat untuk masyarakat sehat, produktif, dan sejahtera.

Adapun output-nya yakni meningkatnya peran serta keluarga dan masyarakat dalam pencegahan DBD. Sementara outcome-nya meningkatnya angka bebas jentik diatas 95 persen, serta terbentuknya rumah tangga, perkantoran, sekolah, dan lingkungan bebas jentik.

"Tahapan rencana strategis telah kami laksanakan mulai dari pembentukan tim kerja, penyusunan modul Go Cantik, regulasi berupa Peraturan Bupati Go Cantik Nomor 126 Tahun 2021 sampai tahap launching dan dan sosialisasi hari ini," ujarnya.



Melalui Go Cantik, lanjut Armin, pemerintah bisa bekerja sama dengan para stakeholder termasuk pengusaha ikan hias/ikan cupang untuk mengurangi jentik di rumah atau perkantoran.

Olehnya itu, untuk mendukung program Go Cantik yang mengutamakan pergerakan masyarakat, Dinkes bekerja sama dengan Dinas Informasi, Komunikasi, dan Statistik Wajo untuk memaksimalkan pelaporan berbasis android yang bisa langsung diakses melalui telepon seluler.

"Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dari semua stakeholder, semoga inovasi Go Cantik ini menjadi salah satu program di Kementerian Kesehatan dan nantinya dapat diimplementasikan di seluruh Indonesia," harap Armin.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Dinkes Wajo atas terobosan dan inovasinya dalam rangka mencegah penyebaran penyakit DBD.

"Terima kasih Direktur P2PTVZ Kemenkes RI, Kadis Kesehatan Provinsi, Puslatbang KMP LAN RI Makassar, yang telah memberikan bimbingan, atas inovasi Kadis Kesehatan Kabupaten Wajo dalam menanggulangi penyakit DBD," kata Amran Mahmud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)