alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Tana Toraja Siapkan Rp5 Miliar Tangani Corona

Joni Lembang
Pemkab Tana Toraja Siapkan Rp5 Miliar Tangani Corona
Pemkab Tana Toraja menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk pencegahan dan penanganan virus corona. Foto/Ilustrasi

MAKALE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja menyiapkan anggaran sekitar Rp5 miliar untuk penanganan virus corona alias covid-19 di wilayahnya. "Itu untuk situasi darurat pencegahan, memutuskan rantai penyebaran covid-19 dan penanganan covid-19," ujar Koordinator Pengendali Humas Satgas Kesiapsiagaan dan Penanganan Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan alokasi dana Rp5 miliar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tana Toraja. Dana itu diperuntukkan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan, sosialisasi serta pengadaan alat medis dan alat kesehatan lainnya dalam rangka penanganan covid-19.

Meski begitu, besarnya anggaran untuk penanganan covid-19 yang akan dihabiskan pemkab Tana Toraja masih fluktuatif atau penggunaannya bisa bertambah dan bisa kurang. "Kalau situasi ini terjadi dalam waktu yang lama berarti dana yg dibutuhkan semakin besar," Berthy yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tana Toraja.



Selain penyemprotan disinfektan dan sosialisasi, berbagai upaya sudah dilakukan Pemkab Tana Toraja mencegah dan memutus rantai penyebaran corona. Di antaranya yakni memantau setiap orang yang masuk ke wilayah Tana Toraja di perbatasan daerah.

Berthy menyebut juga disiagakan tim surveillance di 22 puskesmas yang ada di Tana Toraja. "Pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa juga pro-aktif melakukan sosialisasi kepada warga agar secara sadar segera melaporkan diri jika baru datang dari luar daerah," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook