alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

50.000 Masker Sitaan Polda Sulsel Dihibahkan ke RS Rujukan Corona

Faisal Mustafa
50.000 Masker Sitaan Polda Sulsel Dihibahkan ke RS Rujukan Corona
Sebanyak 50.000 masker sitaan Polda Sulsel dihibahkan ke rumah sakit rujukan virus corona. Foto/SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Sekitar 50.000 masker sitaan Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel dihibahkan ke rumah sakit rujukan virus corona alias covid-19 di Kota Makassar. Puluhan ribu masker ini diketahui sempat ditimbun. Pemilik masker pun sudah sepakat menghibahkan barang bukti yang disita polisi itu untuk rumah sakit.

Puluhan ribu masker itu sendiri merupakan barang bukti dari dua kasus berbeda. Masing-masing penimbunan diduga dilakukan oleh PT Intraco Medika Lindo Pratama dan CV. Mina Bahari Internusa. Hibah masker itu dilakukan di Mapolda Sulsel, Rabu (23/3/2020) kemarin.

Kasubdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Arisandi, menyampaikan hibah puluhan ribu masker itu dilakukan setelah penyerahan beberapa barang bukti kepada pemilik dua perusahaan tersebut.



"Ada dua prosesi pertama pengembalian beberapa barang bukti perkara masker ke dua pemilik perusahaan. Kemudian masker tersebut dihibahkan oleh pemilik kepada rumah sakit diwakili Karumkit Bhayangkara Makassar untuk disalurkan ke rumah sakit rujukan yang saat ini menangani virus corona agar bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya" kata Arisandi kepada SINDOnews.

Dari puluhan ribu masker yang dihibahkan, Arisandi menyampaikan sebagian kecil sudah disisihkan untuk kepentingan pembuktian. Kepolisian belum bisa menaksir nilai puluhan ribu masker tersebut. Pasalnya, harganya bervariasi, belum lagi harga masker saat ini fluktuatif dan cenderung melambung tinggi.

Terlepas dari adanya hibah masker sitaan itu, Arisandi menegaskan kasus pidana yang melibatkan dua perusahaan tetap berjalan. "Masih dalam pemeriksaan melengkapi pemberkasan dan pemeriksaan lebih lanjut. Status sudah penyidikan belum ada yang kita tetapkan tersangka," ujarnya.

Karumkit Bhayangkara Makassar, Kombes Pol dr Farid Amansyah, yang menerima langsung hibah masker sitaan itu mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) sangat tinggi di tengah meningkatnya kasus corona.

Menurutnya upaya ini merupakan kontribusi positif dalam penanganan pandemi corona yang terjadi di Makassar, dan Sulawesi Selatan pada umumnya. "Alhamdulillah sekali. Hibah ini akan kita tujukan kepada Rumah Sakit Rujukan di Makassar," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook