alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Update Penanganan Covid-19 di Gowa: 8 ODP dan 5 PDP

Herni Amir
Update Penanganan Covid-19 di Gowa: 8 ODP dan 5 PDP
Dinas Kesehatan Gowa mencatat ada 8 ODP dan 5 PDP terkait virus corona. Foto/Ilustrasi

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Kesehatan terus melakukan pelacakan terkait potensi penyebaran virus corona alias covid-19 di wilayahnya. Hingga Kamis (26/3/2020), terdata ada delapan orang dalam pemantauan (ODP) dan lima pasien dalam pengawasan (PDP) di Gowa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin, menyampaikan mereka yang masuk kategori ODP dan PDP ini memiliki gejala covid-19 atau pernah melakukan perjalanan ke wilayah yang terpapar virus ganas tersebut. Adapun gejala covid-19, di antaranya yakni demam, batuk dan sakit tenggorokan.

"Mereka yang masuk dalam ODP dan PDD dari laporan mandiri masyarakat yang kembali dari daerah yang terkena wabah virus corona,"ungkap Hasanuddin, Kamis (26/3/2020).



Total ada 13 orang yang melaporkan dirinya mengalami gejala batuk dan demam di atas 38 derajat celsius. Ada pula yang dilacak setelah berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan, dimana pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel.

Khusus PDP, Hasanuddin menyampaikan saat ini ada satu pasien yang dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar. Lalu ada juga yang dirawat di RS Takalar. Sedangkan tiga PDP lainnya sudah pulang dari rumah sakit dan diminta lakukan isolasi mandiri.

"Saat ini juga ada empat orang yang sudah uji swab yakni pengambilan sampel untuk mengetahui positif atau negatif terinfeksi covid-19," terangnya.

Adapun untuk delapan ODP, Hasanuddin menyampaikan juga sudah diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Bupati Gowa, Adnan Puricta Ichsan, mengimbau masyarakat tidak panik, tapi tetap waspada dalam menghadapi virus corona. "Saya berharap masyarakat Kabupaten Gowa bersabar untuk tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona di Gowa."

"Jika harus keluar rumah agar selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, mempraktekkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta rajin mencuci tangan," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook