alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berkas Kasus Joki CPNS Saat Tes di Kemenkum HAM Sudah Dilimpahkan

Faisal Mustafa
Berkas Kasus Joki CPNS Saat Tes di Kemenkum HAM Sudah Dilimpahkan
Berkas kasus Joki tes CPNS di Sulsel sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Berkas perkara kasus perjokian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), yang menjerat dua tersangka telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Makassar oleh Penyidik Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polrestabes Makassar.

Kanit 3 Tipiter Polrestabes Makassar Iptu Ali Hairuddin mengaku, pelimpahan berkas tahap satu itu dilakukan beberapa pekan lalu.

"Berkasnya sudah ada di kejaksaan, saya lupa kapan tepatnya sekitar dua minggu yang lalu dilimpahkan," katanya, Kamis (26/3/2020).



Ali menjelaskan, saat ini pihaknya masih menanti hasil penelitian jaksa terhadap berkas perkara dua tersangka yang berperan sebagai joki masing-masing pria Fatahillah (23) dan Asep Sutrisna (23).

"Tersangka masih kita tahan. Sambil kita tunggu hasil penelitian dari jaksa, untuk P21. Persangkaan pasal masih sama," ucap Ali.

Diketahui Fatahillah merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sedangkan, Asep Sutrisna berprofesi sebagai pengajar bimbingan belajar (bimbel), asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Keduanya ditetapkan tersangka pada Selasa 4 Februari 2020 lalu atas dugaan melanggar Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHPidana, tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Kendati demikian, lanjut Ali pihaknya masih memburu orang lain yang disinyalir terlibat dalam kasus yakni W diduga berperan sebagai pengendali sindikat ini dan C yang disebut berperan sebagai pembuat dokumen palsu untuk dua joki yang didatangkan dari pulau Jawa.

"Yang peserta asli CPNS, yang asal Takalar itu juga masih kita cari. Total ada empat orang itu masih tetap dilakukan penyelidikan," tuturnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook