alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masyarakat Diminta Tak Kaget dengan Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Sulsel

Luqman Zainuddin
Masyarakat Diminta Tak Kaget dengan Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Sulsel
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Kantor DPRD Sulsel di Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - Kasus positif Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel) bertambah signifikan hari ini, Kamis (26/03/2020). Dari sebelumnya 13 kasus positif pada Rabu kemarin, bertambah 14 kasus. Sehingga total positif Covid-19 di Sulsel menjadi 27 orang.

Lonjakan kasus positif di Sulsel ini ikut menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Sementara kita lihat di Sulsel juga terjadi penambahan kasus yang cukup banyak, 14 orang. Ini hendaknya menjadi atensi kita sekalian di dalam konteks untuk mewaspadai ini," ucap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto.



Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam dialog interaktif di salah satu stasiun televisi swasta menyampaikan, bahwa lonjakan kasus positif di Sulsel hari ini sudah diprediksi sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari beroperasinya tiga laboratorium kesehatan (labkes) untuk melakukan tes spesimen pengecekan virus Corona.

Tiga labkes tersebut yakni Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes di Makassar, Laboratorium RSUP Wahidin Sudirohusodo, dan Laboratorium RS Pendidikan Universitas Hasanuddin.

"Sulsel akan melonjak, tapi kita akan bisa mengambil langkah. Jangan kita kaget dengan lonjakan ini. Kita bisa melokalisir sekarang," tegas Nurdin Abdullah, Kamis (26/3/2020).

Menurut Nurdin, dengan beroperasinya tiga labkes tersebut, hasil pengujian apakah seseorang positif atau tidak akan lebih cepat diketahui, sehingga langkah penanganan juga cepat bisa dilakukan. Dengan begitu, potensi penyebaran virus bisa dikurangi.

"Kita tidak usah kaget dengan melonjaknya jumlah ini, kita bisa melokalisir sekarang, semua perbatasan dijaga, supaya daerah masing-masing steril," ucap Nurdin.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook