Kabupaten Gowa Ekspor 28.266 Ton Porang ke Negara China

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 07:45 WIB
loading...
Kabupaten Gowa Ekspor 28.266 Ton Porang ke Negara China
Pemkab Gowa megekspor 28.266 ton Porang ke China. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Kabupaten Gowa mengekspor 28.266 ton umbi porang dengan negara tujuan China. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari Januari hingga Agustus.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Nurlyah Djamir mengatakan, Kabupaten Gowa termasuk yang memiliki potensial tanaman Porang yang tinggi dengan lahan yang cukup luas. Hingga saat ini saja, ada 8 Kecamatan di Kabupaten Gowa penghasil Porang terbaik.



Diantaranya Kecamatan Bungaya 8.428 ribu Ton, menyusul Tompobulu kemudian Kecamatan Bontolempangan dan Biringbulu. Tombolopao juga, Tinggimoncong, Parigi dan Kecamatan Manuju.

"Jadi ada 8 Kecamatan yang produksi Porangnya sejak 5 tahun terakhir ini sudah mulai tinggi, dari kecamatan-kecamatan itulah sumber ekspor Umbi Porang terbesar di Kabupaten Gowa," kata Nurlyah, Jumat, (13/8/2021).

Karena potensi tersebutlah, Kabupaten Gowa ikut ambil bagian dalam kegiatan Merdeka Ekspor Komoditi Tahun 2021 yang diprakarsai Kementerian Pertanian RI ini di Pelabuhan Makassar Sabtu, (14/08/2021).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebelumnya berharap Kegiatan bertema "Mendorong Produktivitas Pertanian Untuk Memacu Peningkatan Ekspor Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional" ini dapat memperbaiki nasib para petani sebagai bagian paling hulu dari aktivitas pertanian ini.

"Kita berharap identifikasi petani khususnya porang dapat ditingkatkan di Kabupaten Gowa . Karena saya lihat ini adalah salah satu komoditi ekspor yang menjadi prioritas dalam kegiatan nanti," terangnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)