alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Status PDP Dicabut, Dua Pasien di RSUD Lakipadada Boleh Pulang

Joni Lembang
Status PDP Dicabut, Dua Pasien di RSUD Lakipadada Boleh Pulang
Dua pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Kabupaten Tana Toraja sudah diperbolehkan pulang. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

TANA TORAJA - Dua pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Kabupaten Tana Toraja sudah diperbolehkan pulang.

Keputusan tersebut diambil pihak rumah sakit setelah menerima hasil tes virus corona (Covid-19) kedua pasien PDP rujukan dari Masamba, Luwu Utara dan Kabupaten Enrekang ini, negatif

"Hasil pemeriksaan PCR yang dikirim ke BBLK Makassar terhadap 2 orang pasien PDP yang dirawat di ruang infection centre RSUD Lakipadada Tana Toraja dinyatakan negatif atau tidak mengidap Covid-19," ungkap Direktur RSUD Lakipadada, Safari Mangopo kepada SINDOnews, Jumat(27/03/2020).



Dia mengatakan setelah dinyatakan negatif Covid-19, status PDP dua pasien itu dicabut. Keduanya pun sudah diperbolehkan pulang ke tempat asal masing-masing. Meski begitu, sebelum meninggalkan RSUD Lakipadada, sesuai protap penanganan pasien kasus Covid-19, dua pasien itu harus mengikuti tes lagi.

"Setelah dilakukan uji tes kesehatan, dua pasien yang negatif Covid-19 dalam satu dua hari ke depan sudah bisa meninggalkan rumah sakit," kata Safari.

Meski belum ada kasus pasien positif Covid-19 di Tana Toraja, Safari yang juga Tim Satgas Penanganan Covid-19, Kabupaten Tana Toraja berharap masyarakat patuh menjalankan physical distancing atau tidak berada di luar rumah bila urusan tidak urgen atau penting.

Begitu juga dengan warga yang datang dari kota lain beberapa waktu lalu atau hari-hari mendatang untuk tegas dan disiplin melakukan isolasi mandiri di rumah bila tidak ada keluhan batuk, flu, demam.

"Sebaliknya, bila ada keluhan tersebut segera menghubungi petugas puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Sangat diharapkan kesadaran kita utk tidak keluar rumah," harap Safari.

Sementara itu, data yang dirilis media centre Tim Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Tana Toraja pada Kamis(26/-3) pukul 16.00 Wita, jumlah ODP di wilayah Tana Toraja sebanyak 33 orang. Untuk kasus PDP dan Positif Covid-19 nihil.

"Ada peningkatan jumlah ODP dari 27 orang pada Rabu(25/03/2020) naik menjadi 33 orang per Kamis (26/03/2020) pukul 16.00 Wita," ujar Koordinator Pengendali Humas-Media Centre Tim Satgas Penanganan Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook