alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disbudpar Siapkan Rp11 Miliar untuk Rehab Gedung Kesenian

Syachrul Arsyad
Disbudpar Siapkan Rp11 Miliar untuk Rehab Gedung Kesenian
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp11 miliar untuk merehabilitasi Gedung Kesenian Societeit De Harmonie Makassar. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp11 miliar untuk merehabilitasi Gedung Kesenian Societeit De Harmonie Makassar.

Sekretaris Disbudpar Sulsel, Kemal Redindo Putra Syahrul menjelaskan, rencana rehabilitasi itu sementara penggodokan tender perencanaannya. Rencana pengerjaan fisik ditargetkan paling lambat bulan Mei mendatang.

Disebutkan, dari total dana Rp11 miliar melalui APBD 2020 dibagi kedalam tiga tahap penganggaran, yakni untuk tahap tender pengawasan, perencanaan, hingga jasa konstruksinya. "Kalau nggak salah, total dengan pengawasan, perencanaan, termasuk untuk fisik itu kurang lebih Rp11 miliar. Dimana Rp9 M untuk jasa konstruksi fisik. Sisanya perencanaan dan pengawasan," sebutnya, kemarin.



Dia mengaku, Gedung Kesenian Societeit De Harmonie Makassar salah satu cagar budaya. Makanya, dalam rehabilitasi kedepan tidak bisa mengubah bentuk asli bangunan di dalamnya. "Jadi bentuk asli bangunan tetap dipertahankan. Kebanyakan pengerjaannya masuk dalam pengerjaan fisik untuk menjaga kelestarian cagar budayanya, tetapi mungkin tetap ada penambahan ornamen-ornamen, seperti air mancur atau playground," papar dia.

Untuk penambahan fasilitas di dalam gedung nantinya juga akan dipertimbangkan. Utamanya, kata Redindo, untuk fasilitas penunjang di ruangan teater gedung kesenian tersebut. "Termasuk teknologinya yang mungkin kita perbaiki lebih baru lagi kedepan," sambungnya.

Dia berharap, dengan rehabilitasi gedung kesenian ini bisa mendatangan pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup besar. Pasalnya, cagar budaya di Sulsel ini tidak sedikitpula dimanfaatkan oleh masyarakat. "Itukan salah satu sumber PAD Sulsel juga, maka gedung itu kami perbaiki agar semua masyarakat bisa menikmati gedung itu. Intinya sih namanya gedung kesenian, pasti segala macam bentuk seni budaya yang ada di Sulsel, bisa ditampilkan di gedung itu nantinya," tandas Redindo.

Selain Gedung Kesenian Societeit de Harmonie, Disbudpar Sulsel diketahui juga akan merevitalisasi kawasan wisata lainnya. Seperti destinasi Benteng Somba Opu dan Monumen Mandala Makassar.

Sebelumnya Kepala Disbudpar Sulsel, Denny Irawan mengatakan, rencana revitalisasi kawasan wisata ini untuk semakin mendorong gairah kunjungan wisatawan.

Dimana dalam pembenahannya menyesuaikan kondisi era kekinian. "Jadi ada tiga kita punya lokasi destinasi wisata yang ada di Makassar kita coba benahi. Pertama Benteng Somba Opu, kedua Monumen Mandala, ketiga Gedung Kesenian Sulsel Societeit De Harmonie," sebut Denny.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook