Kabar Baik, Masjid di Kota Lubuklinggau Gelar Salat Jumat

Jum'at, 29 Mei 2020 - 13:33 WIB
loading...
Kabar Baik, Masjid di Kota Lubuklinggau Gelar Salat Jumat
Kabar Baik, Masjid di Kota Lubuklinggau Gelar Salat Jumat. Foto/SINDOtv/Era NW
A A A
LUBUKLINGGAU - Pelaksanaan salat Jumat perdana yang dilaksanakan di sejumlah Masjid di Kota Lubuklinggau di tengah pandemi COVID-19 berlangsung khidmat, Jumat (29/5/2020).

Seluruh jamaah yang datang mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemkot Lubuklinggau. Berdasarkan pantauan di lapangan terlihat para jamaah semua menggunakan masker, membawa sajadah, dan saat akan memasuki masjid secara antrian dengan mencuci tangan sebelum masuk ke lingkungan masjid.

Bahkan di Masjid Agung As-Salam terlihat sebagian jamaah melaksanakan salat di luar masjid karena adanya jarak 1 meter setiap jamaah.

“Alhamdulillah bisa salat Jumat di masjid lagi walaupun kebagian di luar, tetap khusyuk dan bersyukur serta tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan, seperti memakai masker," ungkap jamaah salat Hari Bibob. (Baca juga: Sopir Ambulans dan Satpam Rumah Sakit dapat Insentif)

Sebelumnya Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe bersama Kapolres dan Dandim 0406 MLM telah meninjau persiapan Masjid Agung As-Salam dan Masjid Al-Baari.

"Dua masjid ini sebagai pilot projek dan untuk masjid yang lain nanti menyusul. Setiap masjid harus menekankan protokol medis yang ada. Artinya masing-masing masjid harus mempersiapkan segala sarana dan prasananya, sebelum melaksanakan kegiatan di masjid,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Prana, untuk tempat umum seperti mal dan tempat berdagang akan dilakukan pembukaan secara bertahap dan diwajibkan menerapkan prokol kesehatan.

"Termasuk sekolah besok kita persiapkan tempat cuci tangannya, artinya kita siapkan infrastruktur atau sarana prasarannya dulu, untuk ketentuannya kita tetap menunggu dari pusat," ujarnya.

Sementara Ketua Pengurus Harian Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau H Luthfi Ishak mengatakan, telah mempersiapkan segala keperluan pelaksanaan salat Jumat berjamaah hari ini.

"Kita sudah menyiapkan thermo gun, bilik disinfektan, semua sajadah sudah dilakukan penyemprotan desinfektan, untuk petugas kita siapkan 16 orang," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)