TOPIK TERPOPULER

Peringati HUT RIOT ke 5, Event Lari Virtual Serentak Digelar di 13 Kota

Tim SINDOnews
Peringati HUT RIOT ke 5, Event Lari Virtual Serentak Digelar di 13 Kota
Para peserta Fun Run dari Komunitas RIOT Chapter Makassar saat berada di lokasi finish Event lari virtual yang digelar 13 kota secara serentak. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Komunitas Lari yakni Running Is Our Therapy (RIOT) Indonesia berulang tahun yang kelima Agustus 2021 ini. Mereka pun merayakannya dengan berlari sejauh lima kilometer secara serentak di seluruh Indonesia dengan 13 kota, termasuk oleh RIOT Chapter Makassar.

Di Makassar, komunitas ini berlari dengan mengambil titik start di enam ikon Kota Makassar yaitu Anjungan Utama Pantai Losari, Masjid 99 Kuba, Fort Rotterdam, Monumen Mandala, Centre Point of Indonesia (CPI), dan Tugu Adipura Makassar. Peserta kemudian finish di monumen bersejarah yaitu Monumen Mandala Pembebasan Irian.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Olahraga Lari, Perhatikan Persiapan Ini Dulu

Menariknya, meski peserta yang ikut event cukup banyak yakni sekitar 40 anggota RIOT Makassar dari sekitar 100-an anggota, namun pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Peserta dipecah menjadi enam kelompok sehingga tidak berkerumun saat berlari maupun saat start.

Keenam kelompok ini masing-masing menempuh jalur sudah mereka sepakati sehingga tidak melalui jalur yang sama. Saat finish di Monumen Mandala seluruh peserta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Meski masing-masing grup yang rata-rata hanya diisi lima hingga enam peserta, namun semua harus melewati titik poin utama yaitu Pantai Losari Makassar untuk dokumentasi dan pengecekan bahwa semuanya sudah menempuh jalur yang sudah ditentukan.

Kapten RIOT Chapter Makassar, Winardi 'Akko' menjelaskan, event ini mengambil tema Harmony in Diversity dan digelar serentak di 13 Kota di Indonesia yang sudah ada chapter RIOT-nya.

"Biasanya HUT RIOT kita adakan dengan menggelar event secara offline, tapi karena ini masih pandemi jadi kita gelar terbatas hanya untuk anggota saja dengan tetap memenuhi protokol kesehatan," kata Akko.

Baca Juga: 150 Pelari Dukung Maros-Pangkep Geopark Masuk UNESCO Global Geopark

Event Virtual Fun Run 5th Anniversary RIOT Indonesia ini juga telah didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai virtual run terbanyak dan serentak di Indonesia. Saat ini pihak RIOT masih menunggu konfirmasi dari pihak MURI hingga berita ini diturunkan.



(agn)

TULIS KOMENTAR ANDA!