Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa Gelar Donor Darah

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:45 WIB
loading...
Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa Gelar Donor Darah
Aksi donor darah di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Senin (16/8/2021). Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa menggelar kegiatan aksi donor darah di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa , Senin (16/8/2021).

Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa , H Baharuddin Mangka mengatakan bahwa aksi donor darah ini merupakan bagian dari kegiatan bulan bakti dan masih dalam rangkaian Hari Pramuka Ke-60 tahun 2021.

"Ini adalah wujud dari pengamalan dari Dasa Darma gerakan Pramuka ma gerakan Pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan Kwartir Nasional juga telah menetapkan bahwa bulan Agustus itu adalah bulan bakti," ujarnya.

Lanjutnya, tahun ini Kwarcab Gowa sengaja memilih kegiatan donor darah karena melihat kebutuhan darah terutama di masa pandemi ini. Kemudian kegiatan donor darah ini bisa terorganisir dengan baik tanpa menimbulkan kerumunan.

"Kalau kita melakukan kegiatan bakti langsung ke masyarakat dikhawatirkan akan kontradiktif dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat tentang penerapan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di masa pandemi saat ini," lanjutnya.



Kegiatan donor darah yang dibuka secara umum ini menargetkan 100 kantong darah. Harapannya, kantong darah yang dikumpulkan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Mudah-mudahan donor darah yang dilaksanakan pada hari ini bisa menghadirkan lebih banyak jumlah kantong darah, sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh warga Gerakan Pramuka untuk mengamalkan dasa darma kita dan mudah-mudahan gerakan Pramuka bisa memberi sumbangsih bagi manusia dan kemanusiaan," harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syahrir Rajab menyebutkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Gowa di Hari Pramuka dan Bulan Bakti, yaitu Upacara Ulang Janji dan Upacara Hari Pramuka.

"Kita juga laksanakan vaksinasi massal kerja sama Muhammadiyah ditempatkan di Bumi Perkemahan Cadika Limbung, kemudian donor darah pada hari ini, kemudian akan dilaksanakan Gladian Pimpinan Satuan Inshaallah pada tanggal 24 Agustus sampai tanggal 28 Agustus," tambahnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)