Kapal DLU Bantu Evakuasi ABK Jeneponto dari Baubau ke Makassar

Jum'at, 29 Mei 2020 - 17:37 WIB
loading...
Kapal DLU Bantu Evakuasi ABK Jeneponto dari Baubau ke Makassar
Kapal Motor (KM) Dharma Ferry 3 milik Dharma Lautan Utama (DLU) membantu upaya evakuasi ABK Jeneponto dari Baubau ke Makassar. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar
A A A
MAKASSAR - Kapal Motor (KM) Dharma Ferry 3 milik Dharma Lautan Utama (DLU), yang dinakhodai Capten Mujur andil membantu memulangkan anak buah kapal (ABK) Bunga Rosia GT27, yang tenggelam di perairan wilayah Kecamatan Kabaena.

Enam ABK tersebut, berhasil dievakuasi ke Kota Baubau, Rabu 27 Mei, sekitar pukul 19.00 Wita oleh kapal tanker Alice XXV. Dari rute Baubau itulah kemudian kapal milik DLU memulangkan ABK ini hingga kemudian diserahkan ke Kepala Pelabuhan Jeneponto Irwan, Jumat (29/5/2020) di Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Keenam ABK tersebut, Asri (34), nakhoda, Ferdi (19), ABK, Kadir (44), ABK, Iwan (28), ABK, Sudi (21), ABK dan Liwan (35), ABK.

Kepala Cabang DLU Makassar, Budiono mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk membantu ABK asal Jeneponto yang kapalnya tenggelam ini, apalagi mereka tujuannya untuk dipulangkan ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Dia menjelaskan, selama masa perjalanan tersebut, pihaknya memperlakukan khusus para ABK tersebut, apalagi mereka masih trauma atas kejadian yang menimpanya.

“Kami ambil ABK tersebut dari Pelabuhan Baubau, lalu dibawa ke sini (Makassar). Selama di kapal segala kebutuhan mereka dipenuhi mulai dari makan sampai pemeriksaan kesehatan, tujuannya agar ketika tiba kondisinya sudah membaik,” ujarnya.

Baca Juga: Fasilitas Kapal Feri KM Dharma Kencana VII Mirip Hotel Berbintang

Dia menuturkan, usai tiba di Makassar, ABK tersebut diserahkan langsung ke pihak Syahbandar Makassar dan pihak Pengelola Pelabuhan Jeneponto.

“ABK tersebut sudah diberangkatkan ke Jeneponto, mereka rencananya akan diterima oleh bupati di sana dan sudah ditunggu keluarganya,” ungkapnya.

Sementara itu, mewakili pihak Syahbandar Makassar, Triono meyampaikan rasa terima kasih pada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi hingga pemulangan ABK, terutama manajemen PT. Dharma Lautan Utama, di mana atas bantuannya bisa sampai dengan selamat tiba di pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)