Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Dorong Pengembangan Wisata Bulukumba

Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:55 WIB
loading...
Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Dorong Pengembangan Wisata Bulukumba
Wakil Bupati Bupati Bulukumba Edy Manaf saat menghadiri acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dibidang Pariwisata. Foto: Sindonews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba , mengajak seluruh pihak untuk terus mendorong pengembangan potensi pariwisata di kabupaten tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bupati Bulukumba Edy Manaf pada acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dibidang Pariwisata, di aula Hotel Agri Jalan R Suprapto, Kelurahan Tanah Kongkong yang digelar Dinas Pariwisata.



Edy Manaf mengungkapkan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia tata kelola wisata tersebut, merupakan upaya pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat dalam mendukung pengelolaan kepariwisataan di Bulukumba yang lebih baik dan lebih profesional.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pelatihan tata kelola destinasi ini juga memiliki tujuan yang sangat strategis sebab, dalam pengembangan pariwisata dibutuhkan keterlibatan berbagai sektor.

"Sektor pariwisata ini tidak dapat berdiri sendiri, namun senantiasa bersinggungan dengan aspek lainnya,” ucapnya.

Pada acara tersebut Wakil Bupati Bulukumba HA Edy Manaf didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Muh Ali Saleng, sejumlah Kepala Desa, Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan para peserta Pelatihan yang terdiri dari masyarakat sekitar objek wisata, pelaku wisata, kelompok sadar wisata, dan pemerhati kepariwisataan.

Lebij jauh dirinya menjelaskan, Bulukumba sebagai salah satu daerah yang diposisikan sebagai tujuan wisata, maka perlunya peningkatan kesadaran semua pihak untuk terus mendorong proses perubahan kearah yang lebih baik, dan perlu sinergitas semua elemen kepariwisataan dalam menyusun rencana yang terprogram dan berkelanjutan.



"Pariwisata itu investasi jangka panjang, kita tidak boleh melahirkan suatu titik pariwisata yang instan, karena kalau itu dibangun dengan instan, pasti akan cepat juga turunnya,” jelas Edy Manaf.



Selain itu, Edy Manaf menuturkan, melalui kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan akan terbangun kerangka pemahaman yang lebih baik bagi tumbuhnya iklim kepariwisataan kepada pihak yang terlibat dalam pengembangan wisata, khususnya bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha wisata.

"Jika semua pelaku pariwisata bergerak bersama dan bersungguh-sungguh, insyaallah daerah kita ini akan menjadi daerah wisata yang semakin banyak dikunjungi, baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)