Google Data Center : Tempat Seluruh 'Aibmu' Tersimpan

Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:11 WIB
loading...
Google Data Center : Tempat Seluruh Aibmu Tersimpan
Google Data Center adalah tempat di mana Google menyimpan semua berkas-berkas yang ada. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Hati-hati jika kamu terlampau sering mengunggah apa saja di sosial media, mulai dari foto atau video. 'Aib'mu itu bakal tersimpan meski kamu telah menghapusnya. Tempat penyimpanannya bernama Google Data Center.

Baca : Allah Selamatkan Masjid Ini Saat Dijatuhi Bom Atom dan Gempa Bumi

Dilansir dari wikipedia, Google Data Center adalah fasilitas pusat data besar yang digunakan Google untuk menyediakan layanan mereka. Meski tidak ada data resmi tentang berapa server di pusat data Google, tetapi Gartner memperkirakan dalam laporan Juli 2016 bahwa Google pada saat itu memiliki 2,5 juta server. Jumlah ini berubah ketika perusahaan memperluas kapasitas dan menyegarkan perangkat kerasnya.

Seperti kebanyakan mesin pencari, Google mengindeks dokumen dengan membangun struktur data yang dikenal sebagai indeks terbalik . Indeks semacam itu memperoleh daftar dokumen dengan kata permintaan. Indeks ini sangat besar karena jumlah dokumen yang disimpan di server.

Indeks dipartisi dengan ID dokumen menjadi banyak bagian yang disebut pecahan . Setiap pecahan direplikasi ke beberapa server. Awalnya, indeks dilayani dari hard disk drive , seperti yang dilakukan dalam sistem pengambilan informasi tradisional (IR). Google menangani volume permintaan yang meningkat dengan meningkatkan jumlah replika setiap pecahan dan dengan demikian meningkatkan jumlah server.

Segera mereka menemukan bahwa mereka memiliki cukup server untuk menyimpan salinan seluruh indeks dalam memori utama (walaupun dengan replikasi rendah atau tanpa replikasi sama sekali), dan pada awal 2001 Google beralih ke sistem indeks dalam memori . Switch ini "secara radikal mengubah banyak parameter desain" dari sistem pencarian mereka, dan memungkinkan peningkatan signifikan dalam throughput dan penurunan besar dalam latensi kueri.

Baca :Kisah Gengster Yakuza yang Ucapkan Syahadat dari Kertas Pria Misterius

Pada bulan Juni 2010, Google meluncurkan sistem pengindeksan dan penyajian generasi berikutnya yang disebut "Kafein" yang dapat terus merayapi dan memperbarui indeks pencarian. Sebelumnya, Google memperbarui indeks pencariannya dalam batch menggunakan serangkaian pekerjaan MapReduce . Indeks dipisahkan menjadi beberapa lapisan, beberapa di antaranya diperbarui lebih cepat daripada yang lain, dan lapisan utama tidak akan diperbarui selama dua minggu. Dengan Caffeine, seluruh indeks diperbarui secara bertahap. Kemudian Google mengungkapkan sistem pemrosesan data terdistribusi yang disebut "Percolator" yang dikatakan menjadi dasar sistem pengindeksan Kafein.

Google sendiri memiliki banyak pusat data yang tersebar di seluruh dunia. Setidaknya 12 instalasi pusat data Google yang signifikan terletak di Amerika Serikat. Pusat-pusat terbesar yang diketahui terletak di The Dalles, Oregon ; Atlanta, Georgia ; Reston, Virginia ; Lenoir, Carolina Utara ; dan Moncks Corner, Carolina Selatan. Sementara di Eropa, pusat-pusat terbesar yang diketahui adalah di Eemshaven dan Groningen di Belanda dan Mons , Belgia. Google's Oceania Data Center diklaim berlokasi di Sydney, Australia.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)