Kapolres Enrekang Ajak Warga Bijak Gunakan Media Sosial

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 15:17 WIB
loading...
Kapolres Enrekang Ajak Warga Bijak Gunakan Media Sosial
Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya tampil sebagai narasumber pada acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, belum lama ini. Foto: HUMAS POLRES ENREKANG
A A A
MAKASSAR - Kapolres Enrekang , AKBP Andi Sinjaya, mengajak masyarakat agar bijak memanfaatkan media sosial. Hal tersebut disampaikannya saat menjadi salah satu narasumber di Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Kapolres Enrekang menyampaikan materi tentang social medi a and its discontents "Turnback The Negatives Into Positives" (media sosial dan penyalahgunaan isi 'ubah yang negatif menjadi positif').

Dia menjelaskan zaman sekarang melalui medsos banyak yang menjanjikan kemudahan dalam akses informasi, promosi produk, jaringan bonus lebih luas, kemudahan dalam bertransaksi dan lain-lain. Akan tetapi masih ada oknum atau masyarakat yang tidak bertanggung jawab menggunakan kemudahan tersebut ke arah negatif, seperti melakukan penipuan, hoaks, konten kasar, predator anak dan lainnya.

Hal ini menurutnya disebabkan beberapa faktor seperti penggunaan sosial media yang berlebihan. Kemudian adanya orang yang memanfaatkan medsos untuk kepentingan diri sendiri. Selain itu juga kurang bijak bermedsos dan masih banyak faktor lainnya.



"Karena itu saya mengajak kita semua agar bijak bermedsos. Kita harus gunakan media sosial secara cerdas, positif, kreatif dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terjadinya berbagai dampak negatif dalam penggunaan sosial media," ujarnya, Jumat (28/8) lalu.

Secara statistik, penggunaan sosial media di dunia sangat besar. Pengguna aktif sekitar 53,5 persen dari total populasi. Di Indonesia, kepercayaan masyarakat terhadap media mainstream cukup tinggi.

"Jika pemanfaatan media sosial tidak menyimpang maka dapat dibayangkan efek positif yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna media sosial yang ada di dunia," katanya.

Dengan demikian, Kapolres Enrekang mengajak pengguna medsosl ubah kebiasaan negatif menjadi sesuatu yang positif. Seperti bijak dalam berselancar di media sosial , mengatur waktu, serta bijak dalam memilih maupun meneruskan konten.

Baca Juga: Pengguna Internet Capai 202 Juta, Pemerintah Didorong Buat Medsos Lokal

"Bijak dalam bersosial media, jangan terpancing dengan judul yang provokatif, apabila menemukan berita hoax maupun bersifat ajakan kearah yang negatif segera laporkan ke aduan konten kominfo," katanya.

Kemudian manfaatkan sosial media untuk menambah ilmu, berbagi pengetahuan dan berjejaring serta gunakan peluang yang ada dalam berbisnis. Dia menambahkan, dunia digital padat informasi. Pilih informasi yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

"Informasi itu agar memberikan manfaat bagi kita dan dapat membantu dalam mengembangkan diri kita," ucapnya.

Pada kegiatan ini turut diikuti Bupati Ogan Komering Ilir H Iskandar, Staf Pemkot Kecamatan Plaju Rizki Kurniati Soputan, jurnalis dan Wakil Ketua I PWI OKI Nuruin, eks content development in edu-tech startup Dinda Saraswati Dipoyono dan para peserta masyarakat digital.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)