Pemprov Dorong Pelatihan Berbasis Online untuk Aparatur Sipil Negara

Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:09 WIB
loading...
Pemprov Dorong Pelatihan Berbasis Online untuk Aparatur Sipil Negara
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mendorong pelatihan pengembangan kompetensi ASN berbasis online atau e-learning management system. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mendorong pelatihan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis online atau e-learning management system.

Baca : Dinas Pendidikan Siapkan Skenario Belajar di Sekolah

Kepala BPSDM Sulsel, Imran Jauzi menjelaskan, pelatihan online ini digagas menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Pelatihan yang mengusung konsep klasikal atau tatap muka, secara bertahap mulai ditinggalkan.

"Ini kami sementara mengembangkan e-learning management system. Minggu ini sudah tahap uji coba. Kalau uji coba itu sukses, insya Allah mulai minggu depan kita sudah mulai membuka pelatihan-pelatihan secara online," tukas Imran kepada SINDOnews.

Menurut Dia, konsep berbasis online merupakan pilihan yang tepat. Disamping karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang dianggap beresiko jika dilakukan pertemuan langsung. Sisi positifnya, akan ada efektivitas dari sisi anggaran.

"Hampir pasti nantinya tidak akan banyak lagi model pelatihan yang kita kembangkan secara klasikal. Pertama karena itu berisiko, kedua kita lihat dari segi efektivitas penganggaran. Tentu anggaran tidak akan sebanyak dulu lagi. Dalam arti ada masa recovery ekonomi kita. Untuk itu pelatihan berbasi e-learning itu menjadi sebuah solusi cerdas," paparnya.

Imran mengaku tengah menpersiaokan sumber daya manusia untuk pelatihan online ini, baik dari tenaga penyelenggara dan pengajar. Sistem e-learning ini juga membuat peserta punya fleksibilitas yang tinggi, bisa dilakukan di rumah atau di kantor.

"Jadi peserta yang daftar, masuk sistem pelatihan kita. Nanti di sistem itu begitu banyak alternatif pembelajaran. Mereka bisa belajar sendiri mendalami dulu materi, kemudian ada waktu khusus untuk live chat atau konsultasi dengan pengajar. Kemudian ada bentuk evaluasi secara online. Setelah itu baru ujian dan sebagainya," urai dia.

Dikatakan, e-learning managemet sytem ini menjadi salah satu bagian yang disiapkan di tengah rencana Pemprov Sulsel menerapkan Corporate University (Corpu), sebuah model peningkatan kompetensi ASN.

Untuk penerapan Corpu ini, selain menyiapkan sisi teknologi dengan pelatihan online, juga perlu berbenah dari sisi tenaga SDM. Termasuk regulasinya melalui peraturan gubernur (pergub).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)