alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Pengambilan Nomor Urut Paslon di Pilkada Bone Ditunda

Supriadi IbrahimPengambilan Nomor Urut Paslon di Pilkada Bone Ditunda
Ilustrasi/SINDOnews

BONE - Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018, hari ini mamasuki tahapan pengambilan nomor urut, namun di Pilkada Bone pengambilan nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone, ditunda hingga beberapa hari ke depan.

Hal itu ditunda, lantaran pada penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Bone kemarin baru satu calon yang dinyatakan memenuhi syarat. Satu calon perseorangan masih sementara diverifikasi berkas dukungannya.

Satu pasangan calon yang dimaksud memenuhi syarat adalah Andi Fahsar M Padjalangi-Ambo Dalle (Tafadal) yang diusung 12 partai politik sementara Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone maju jalur persorangan Umar-Madeng masih sementara melakukan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan yang kekurangan.

Olehnya itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bone menunda pengambilan nomor urut tersebut.

"Pengundian nomor urut serentak dijadwalkan 13 Februari hari ini. Namun, di Bone belum dilakukan karena baru satu yang ditetapkan sebagai pasangan calon. Berkas calon perseorangan sementara dilakukan tahap verifikasi faktual sampai tanggal 17. Besoknya itu dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kemudian 19 dilakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten jadi tanggal 20 baru bisa ditetapkan hasilnya," kata Ketua KPUD Bone Aksi Hamza, Selasa (13/02/2018).

Lanjut Aksi, menegaskan bahwa sebenarnya hanya ada satu tahapan penetapan calon dan selanjutnya pengambilan nomor urut paslon, namun atas kasus yang terjadi dengan menganulir keputusan KPUD Bone, maka wajib mengikuti keputusan yang dibuat Panwas.

“Dinamika politik di Bone sudah mulai bergejolak ada yang menyebutnya panas, apa yang terjadi akhir-akhir ini hanya bentuk dinamika kecil, pembelajaran politik, polemik yang perlu saya luruskan terkait dua tahapan. Sebenarnya tetap satu tahapan, atas kasus yang baru saja terjadi dengan menganulir keputusan KPU hingga wajib bagi kami lakukan putusan panwas,” tutur Aksi.

Menurutnya saat ini apa yang dilakukan itu, sesuai jadwal, kalau lolos verifikasi faktual tanggal 17 Februari nanti, penetapan akan dilakukan 20 Februari untuk Bapaslon persorangan.

"Masa kampanye untuk pasangan Tafa’dal akan dilakukan mulai 15 Februari mendatang tanpa nomor urut, karena pengundian nomor urut harus menunggu setelah penetapan paslon Umar-Madeng jika dinyatakan lolos verifikasi. Kalau kampanye nanti, hanya kampanyekan visi misi saja dulu,” tutup Aksi



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads