alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Gowa Predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Herni Amir
Gowa Predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, bersama Kepala Bappeda Gowa Taufiq Mursyad dan Kepala Inspektorat Gowa Kamaluddin Serang saat menerima SAKIP dari Kemenpan RB di di Hotel Tentrem Yogyakarta. Foto Istimewa

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, menerima Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2017 dengan nilai 61,16 atau predikat B.

Dengan nilai tersebut, daerah berjuluk Butta Bersejarah ini menduduki urutan ketiga di Sulsel untuk hasil Sakip setelah kota Makassar yang mencapai nilai 64,1, dan Pemprov Sulsel dengan nilai 62,04. Setelah Gowa ada Sinjai yang juga meraih predikat B dengan nilai 60,16.

Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda, Taufik Ortala mengatakan, Predikat tersebut merupakan predikat tertinggi yang pernah diraih di Sulsel.

“Ini pertama kalinya di Sulsel ada kabupaten/kota yang menerima predikat B yakni Gowa bersama Sinjai dan Makassar,” Ujarnya, Rabu (14/2/2018).

Menurut Taufik, rapor kinerja yang diserahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia di Hotel Tentrem Yogyakarta , Selasa (13/2/2018) lalu, dinilai dari beberapa komponen.

Dia mencontohkan, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja.
Gowa dianggap memenuhi standar itu terutama inovasi yang dimunculkan mengenai penerapan laporan SAKIP berbasis online atau e-Sakip.

"Nah ini salah satu kelebihan gowa karena pertama kali mengimplementasikan sistem diantara kabupaten kota lainnya," tambah Taufik.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL, sangat mengapresiasi atas capaian tersebut. Dia berterimakasih kepada segenap jajaran SKPD karena laporan Sakip dan penilaian sangat ditentukan oleh inovasi yang dibuat para SKPD.

Bupati termuda sekawasan Indonesia Timur itu mengaku, sejak tahun lalu pihaknya selalu menggenjot para SKPD untuk memperbaiki laporan Sakip agar target tercapai.

"Alhamdulillah dari hasil Kementerian PAN dan RB kita naik dari dulunya predikat C sekarang B dan cuma ada tiga di Kabupaten/Kota yang dapat," ungkapnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads