TOPIK TERPOPULER

Cakupan Vaksinasi Nasional Sudah Tembus Angka 100 Juta Suntikan

Muhammad Refi Sandi
Cakupan Vaksinasi Nasional Sudah Tembus Angka 100 Juta Suntikan
Cakupan vaksinasi Covid-19 secara nasional sudah mencapai angka 100 juta suntikan. Foto: Sindonews/dok

JAKARTA - Jumlah cakupan vaksinasi secara nasional hingga Selasa (31/8/2021) mencapai 100 juta penyuntikan, dengan kombinasi vaksinasi tahap pertama, kedua dan dosis ketiga (booster) untuk tenaga kesehatan.

Atas capaian tersebut membuat Indonesia berada di posisi keenam dunia dalam jumlah orang yang telah disuntik vaksin. Selain itu, posisi ketujuh terkait jumlah dosis yang telah diberikan.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, TNI AL - MNC Peduli Gelar Serbuan Vaksinasi di Wates Kulonprogo

"Usaha keras ini, capaian ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak seperti TNI, Polri, pemda, organisasi masyarakat, organisasi sosial, organisasi keagamaan, pelaku usaha serta masyarakat secara keseluruhan," tulis akun Instagram @kemenkes_ri dikutip, Kamis (2/9/2021).

Pemerintah tak puas diri, kini terus menggenjot cakupan vaksinasi nasional COVID-19 untuk mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok. "Adapun strategi yang dilakukan adalah dengan memastikan ketersediaan stok vaksin COVID-19 di seluruh pelosok Indonesia serta meningkatkan target penyuntikan harian," katanya.



"Secara keseluruhan total vaksin yang telah didistribusikan pemerintah ke daerah sebanyak 144 juta dosis vaksin. Pada bulan Agustus, rata-rata vaksin yang telah dikirimkan sekitar 8-15 juta dosis vaksin COVID-19," katanya.

Pemerintah menargetkan jumlah vaksin yang akan dikirimkan ke daerah jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan Agustus 2021 lalu. Seiring dengan bertambahnya jumlah vaksin yang akan didistribuskan, pemerintah juga akan meningkatkan laju vaksinasi pada September dengan target penyuntikan 2 juta dosis dalam sehari.

"Kendati saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 terus meningkat dan laju penularan COVID-19 menunjukkan tren penurunan, diimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah, tetap disiplin protokol kesehatan. Segerakan ajak orang tua kita untuk vaksinasi. Daftar, antar dan temani," katanya.

Baca Juga: Vaksinasi di Gowa Ditarget Capai 70% Pada Bulan Desember





(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!