Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil Mulai Dilakukan di Bulukumba

Jum'at, 03 September 2021 - 13:40 WIB
loading...
Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil Mulai Dilakukan di Bulukumba
Sosialisasi dan launching vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Kabupaten Bulukumba. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba menggelar sosialisasi serta launching vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba , dr Wahyuni mengatakan vaksinasi merupakan salah satu strategi dalam penanggulangan, percepatan, pencengahan penularan Covid-19.

dr Wahyuni juga menjelaskan pentingnya bagi ibu hamil untuk melakukan vaksinasi, sebab ketika ibu hamil terpapar Covid-19 maka akan sangat rawan terjadi komplikasi sehingga terganggunya pertumbuhan janin di dalam kandungan.

"Hari ini ada sebanyak 27 ibu hamil yang akan mendapatkan vaksin dosis awal, alasan mengapa kami menyasar ibu hamil yaitu karena kita tahu ibu hamil ini ketika dia menderita Covid tentunya sangat rawan terjadinya komplikasi,” ungkap dr Wahyuni, Jumat (3/9/2021).

Sementara itu, Ketua TP-PKK Hj Ira Kasuara, mengatakan, saat ini kasus Covid-19 semakin meningkat di Bulukumba dan berpotensi menginfeksi ibu hamil. Salah satu upaya untuk mengantisipasinya dengan vaksinasi.



"Vaksinasi ini adalah ikhtiar kita dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat, termasuk ibu hamil dari Covid-19, sehingga itu perlu dilakukan percepatan vaksinasi agar kekebalan komunal di daerah kita bisa segera terwujud,” ucap Hj Ira.

Hj Ira menerangkan jika sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui ataupun belum mendapatkan informasi bahwa vaksinasi untuk ibu hamil diperbolehkan, sebab vaksinasi untuk ibu hamil itu sendiri masuk dalam kriteria khusus, dimana proses screening terhadap status kesehatan sasaran sebelum pemberian vaksinasi dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran yang lain.

"Untuk itu saya tekankan bahwa saat ini ibu hamil sudah boleh dilakukan vaksinasi, karena kita tahu bersama bahwa efek yang ditimbulkan oleh Covid-19 terhadap ibu hamil itu sangat berbahaya baik untuk janin maupun untuk ibu itu sendiri,” jelas Hj Ira.

Olehnya itu, Hj Ira berharap agar para ibu hamil jangan takut dan ragu untuk melakukan vaksinasi, serta mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksin dalam mencegah penularan Covid-19 dan pentingnya penerapkan protokol kesehatan .



(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3206 seconds (0.1#10.140)