Ini 12 Makanan yang Tetap Sehat Meskipun Dikonsumsi Mentah

Minggu, 05 September 2021 - 09:49 WIB
loading...
Ini 12 Makanan yang Tetap Sehat Meskipun Dikonsumsi Mentah
Makanan mentah yang sehat dikonsumsi terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Sejumlah makanan harus dikonsumsi dalam keadaan matang atau setengah matang karena bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi mentah. Meski demikian, terdapat pula deretan makanan yang justru tetap sehat jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Alasannya, kandungan nutrisinya masih terjaga dan tidak terkena proses pemanasan.

Dikutip dari Antara, Jumat (3/9/2021), makanan mentah tersebut terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Makanan itu akan lebih sehat karena tidak terekspos panas yang tinggi dan akan membuat kandungan nutrisi serta antioksidannya hilang.

Berikut ini adalah daftar makanan yang baik dikonsumsi mentah untuk mendapatkan manfaat lebih, seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Wortel

Wortel mentah memberikan nilai gizi paling banyak dibandingkan wortel yang dimasak. Makanan mentah ini baik untuk mata dan dapat menjaga tubuh tetap energik.

2. Bayam

Bayam hijau adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik saat dimakan mentah karena mengandung vitamin C dan E, serat, enzim, dan asam amino dalam jumlah yang baik. Daun bayam muda paling baik dikonsumsi mentah. Saat dimasak, bayam tidak hanya kehilangan rasanya tetapi juga asam aminonya.

3. Tomat

Tomat mentah menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mendalam. Makan tomat mentah dapat membantu mencegah timbulnya kondisi kesehatan tertentu, termasuk keropos tulang, kanker, diabetes, batu ginjal, serangan jantung dan obesitas.

4. Ketimun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)