TOPIK TERPOPULER

68 Kelompok Tani di Bantaeng Terima Bantuan 19 Ton Benih Jagung

Eky Hendrawan
68 Kelompok Tani di Bantaeng Terima Bantuan 19 Ton Benih Jagung
upati Bantaeng, Ilham Azikin menyerahkan bantuan benih jagung kepada petani di Kantor Lurah Bonto Langkasa, Kecamatan Bissappu, Sabtu (4/9/2021). Foto: Istimewa

BANTAENG - Sebanyak 68 kelompok tani di Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, mendapatkan bantuan benih jagung dengan total 18.960 kilogram atau 19 ton.

Bantuan benih tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin di Kantor Lurah Bonto Langkasa, Kecamatan Bissappu, Sabtu (4/9/2021). Benih yang diberikan ini adalah benih jagung berkualitas yang bisa meningkatkan produksi dan lebih cepat panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq mengatakan, secara keseluruhan ada total 95 ton benih jagung berkualitas yang akan diberikan di delapan kecamatan di Kabupaten Bantaeng.

Benih ini dibagikan secara gratis di setiap kecamatan secara bertahap. Total kelompok tani yang akan menerima bantuan ini mencapai 332 kelompok tani. Luas lahan yang akan ditanami mencapai 6.300 hektare.

"Benih-benih ini akan kita berikan kepada kelompok tani yang benar-benar menanam palawija di musim tanam ketiga ini," jelas dia.



Baca Juga: Bupati Bantaeng Pastikan Semua Kelompok Tani Tersentuh Bantuan

Dia menambahkan, khusus di Kecamatan Bissappu, jumlah kelompok tani yang menerima bantuan benih gratis ini juga cukup besar. Total ada sebanyak 68 kelompok tani dengan luas tanam benih jagung mencapai 1.264 hektare dari total ada 6.000 hektare lahan pertanian yang ada di Kecamatan Bissappu.

"Seperti kita ketahui, Kecamatan Bissappu ini tidak semua menanam palawija untuk musim tanam ketiga ini. Ada kacang-kacangan, jagung, malah ada yang tetap menanam padi," terangnya.

Dia mengatakan, secara infrastruktur, areal tanam di Kecamatan Bissappu sebagian besar dapat tersentuh dengan irigasi pengairan. Oleh karena itu, dia memperkirakan, tidak semua petani di Kecamatan Bissappu akan menanam jagung di musim tanam terakhir ini.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!