Mengenal Virus Nipah yang Menginfeksi Anak 12 Tahun di India hingga Meninggal

Selasa, 07 September 2021 - 13:00 WIB
loading...
Mengenal Virus Nipah yang Menginfeksi Anak 12 Tahun di India hingga Meninggal
Kematian seorang anak laki-laki berusia 12 tahun karena Virus Nipah di Kozhikode, Kerala, India telah mengkhawatirkan masyarakat. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Kematian seorang anak laki-laki berusia 12 tahun karena Virus Nipah di Kozhikode, Kerala, India telah mengkhawatirkan masyarakat.

Sementara Negara masih bergulat dengan apa yang tampaknya menjadi gelombang ketiga COVID-19, kedatangan virus Nipah menambah kengerian.

Tidak menular seperti COVID-19 , tetapi jelas lebih mematikan, Nipah menyerukan tindakan tegas untuk menghentikan penyebarannya.

Sejauh ini, departemen kesehatan di India melaporkan telah melacak 158 orang, di antaranya 20 termasuk dalam kategori berisiko tinggi.

Baca Juga: Virus Nipah, Pakar Mikrobiologi: Berpotensi Akibatkan Pandemi Jilid 2

Apa itu Nipah?

Tarun Sahni, Spesialis Penyakit Dalam, Indraprastha Apollo Hospitals, New Delhi mengatakan, Nipah merupakan virus zoonosis, yang berarti tidak dapat terbang dengan sendirinya. Biasanya ditularkan dari hewan ke manusia. Hewan yang biasanya terinfeksi virus Nipah adalah kelelawar dan babi.

“Siapa pun yang mungkin pernah melakukan kontak dengan babi atau kelelawar kemungkinan besar akan terpapar," kata sang dokter seperti dikutip Pinkvilla, Selasa (7/9/2021).

Tanda dan gejala

Karena itu adalah influenza dan gejala awalnya agak mirip COVID-19, yaitu batuk, pilek, pilek, demam, dan kelelahan.

Perkembangan penyakit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)