Distan Maros Tingkatkan Kualitas Sapi Ternak dengan Inseminasi Buatan

Selasa, 07 September 2021 - 17:11 WIB
loading...
Distan Maros Tingkatkan Kualitas Sapi Ternak dengan Inseminasi Buatan
Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari melakukan inseminasi buatan atau kawin silang terhadap sapi asli Maros. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Maros menggelar Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kali ini kegiatan diisi dengan inseminasi buatan atau kawin suntik pada hewan ternak sapi, di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Selasa (7/9).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Alfian Amri menjelaskan, tujuan perkawinan sapi dengan sistem inseminasi buatan untuk meningkatkan mutu dan genetik ternak sapi lokal. Tak hanya itu, sistem inseminasi buatan dianggap mampu mempercepat peningkatan populasi ternak.

Baca Juga: inseminasi
"Dengan program inseminasi ini kita berharap bisa menarik peternak untuk serius menekuni peternakan sapi. Setidaknya mereka tidak lagi menjadikan beternak sapi ini sebagai sampingan. Tapi mereka serius di sini. Karena bila diseriusi, beternak sapi ini bisa menjadi mata pencarian peternak," jelasnya.

Kepala UPT Pelayanan Inseminasi Buatan dan Semen Beku, Ahmad Masykuri menambahkan, potensi sapi di Maros cukup besar. Karena acceptor atau bibit betina yang siap dikawini ini berjumlah 30 ribu.

Baca Juga: Suhartina Bohari
"Inti dari kegiatan hari ini adalah memberikan kawin suntik pada sapi. Kita berharap ini bisa memperbaiki kualitas sapi dari Maros. Ada beberapa bibit sapi yang sudah dilakukan inseminasi buatan, yakni, Limosin dan wagyu. Hasilnya akan kita lihat sembilan bulan ke depan," ujarnya.

Baca juga:Kembangkan Pariwisata, Disbudpar Maros Latih Pengelola Desa Wisata

Dia berharap melalui peringatan ini dapat menjadi kominten bersama, dan menjadikan Kabupaten Maros menjadi sentra peternakan sapi dan percontohan.

"Biar dari luar provinsi bisa belajar langsung di sini, bagaimana cara membuat dan mengembangkan sapi yang baik," tutupnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)