Kopi Hitam Bisa Naikkan Imun Loh, Ahli Gizi Bilang Begini

Rabu, 08 September 2021 - 08:28 WIB
loading...
Kopi Hitam Bisa Naikkan Imun Loh, Ahli Gizi Bilang Begini
Kopi hitam terbukti bisa menaikkan imunitas tubuh. Foto/Ilustrasi/India TV
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman yang kaya nutrisi menjadi incaran masyarakat karena mendukung dalam menaikkan imun tubuh . Hal itu adalah salah satu cara agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dari banyaknya saran para ahli, minum kopi hitam bisa menjadi referensi yang menyenangkan, khususnya untuk Anda pencinta kopi . Ya, minum kopi hitam terbukti menaikan imun tubuh.

"Kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi yang terjadi akibat serangan virus," papar Ahli Gizi Ashley Reaver, dikutip dari Theraflu.

Tak hanya itu, alasan lain mengapa kopi hitam dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah karena kandungan polifenol dan fenolik yang tinggi.

Dua zat aktif tersebut berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap baik dan memiliki fungsi lain yaitu antiinflamasi dan antioksidan.



Kandungan antioksidan pada kopi hitam sendiri bahkan diketahui dapat memelihara kesehatan jantung dan juga irama detaknya. "Jadi, minum kopi hitam rutin dipercaya dapat mencegah juga penyakit jantung," terang laporan tersebut.

Lebih jauh lagi, kopi hitam juga dikenal dapat memberikan energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein yang ada di kopi dapat juga meningkatkan suasana hati, membantu otak bekerja lebih baik, dan meningkatkan stamina selama berolahraga.

"Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut. Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin. Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut," lanjut laporan tersebut.

Dilihat dari sisi nutrisi, kopi hitam lebih banyak mengandung vitamin dan mineral termasuk vitamin B1, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B5, magnesium, kalsium, potasium, dan mangan. Semuanya diperlukan tubuh setiap hari untuk kesehatan yang optimal.



(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)