Minuman Ini Sehat, Tetapi Kalau Terlalu Sering Dikonsumsi Bisa Berbahaya

Minggu, 31 Mei 2020 - 08:17 WIB
loading...
Minuman Ini Sehat, Tetapi Kalau Terlalu Sering Dikonsumsi Bisa Berbahaya
Jika dikonsumsi berlebihan air putih dapat mengganggu ketidakseimbangan elektrolit dan menghasilkan kadar natrium yang sangat rendah. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Mungkin kamu tak menyangka jika sejumlah minuman ini justru berbahaya jika terlampau sering dikonsumsi, sebab termasuk jenis minuman sehat. Namun begitulah faktanya, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi minuman-minuman ini sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Baca : Kolesterol Jahat Mulai Menumpuk, Yuk Cek Tanda-tandanya

1. Air Putih
Banyak sekali manfaat jika kita mengonsumsi air putih, diantaranya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menyeimbangkan cairan pada tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan masih banyak manfaat lainnya. Namun, jika dikonsumsi berlebihan air putih dapat mengganggu ketidakseimbangan elektrolit dan menghasilkan kadar natrium yang sangat rendah. Bila kadar natrium pada tubuh menjadi rendah, hal tersebut dapat menimbulkan hiponatremia yang ditandai dengan sakit kepala, linglung, mual dan muntah, kejang, hingga menurunkan tingkat kesadaran yang berujung pada koma hingga kematian.

2.Jus Buah
Ketika kita meminum jus buah yang ada di pasaran, sama artinya kita meminum ratusan gram gula, yang bisa menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Biasakan membuat jus buah sendiri di rumah tetapi dengan mengurangi kadar gulanya. Juga jangan terlampau sering dikonsumsi sebab bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

3.Air Lemon
Air lemon banyak dikonsumsi oleh semua gender terutama wanita karena, kandungan vitamin C pada air lemon dipercaya mampu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan antioksidan, yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Minuman rendah kalori dan gula ini, ternyata juga dapat merusak enamel pada gigi sehingga membuatnya berlubang karena lemon mengandung asam cukup tinggi.

4. Teh Jahe
Semua orang tahu kalau jahe merupakan rempah-rempah terbaik untuk dijadikan obat-obatan. Jahe sendiri bisa kita minum sebagai teh untuk meredakan flu, mual, hingga rasa pusing. Namun kebanyakan minum jahe bisa berpengaruh buruk pada kesehatan kita, mulai dari sebabkan diare, iritasi pada mulut, pendarahan, hingga penyakit jantung.

Baca Juga : Banyak Makan di Hari Raya, Yuk Netralkan dengan Kacang Ijo
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)