alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Imbauan Jokowi Pada Forum Rektor Indonesia di Makassar

Syachrul ArsyadIni Imbauan Jokowi Pada Forum Rektor Indonesia di Makassar
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), saat hadir di acara Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) tahun 2018. Foto: Syachrul Arsyad/SINDOnews

MAKASSAR - Selama masa pemerintahannya sebagai Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengaku terus berupaya menggenjot infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Dalam revolusi industri, permasalahan jadi kompleks dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Karena itu, infrastruktur dan kualitas SDM terus harus menjadi fokus utama. Jokowi tak menampik, kedua hal inilah yang membuat Indonesia tertinggal dari negara lain.

"Tahun ini dan tahun depan menjadi prioritas pengembangan SDM. Ini tidak pernah tidak prioritas dalam kebijakan pemerintah. Tahun depan, teroboson besar harus dilakukan, khususnya di bidang pendidikan tinggi. Harus lebih signifikan dibanding infrastruktur," tegas Jokowi dalam arahannya di acara Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) tahun 2018 di Baruga AP Pettarani Unhas, Kamis, (15/02/2018).

Kemenristekdikti, imbau Jokowi, juga harus memperhatikan perguruan tinggi yang fakultasnya berpuluh tahun berjalan stagnan dan tidak mengubah diri. Karena kondisi dunia yang berubah, maka sistem pendidikan juga harus ikut beradaptasi sesuai kebutuhan zaman.

"Misalnya membuka Fakultas Sport Industry dengan Jurusan Manajemen Sepak Bola. Di negara lain ada, saya buka-buka ada. Atau Jurusan Industri Lifestyle, hingga Fakultas Kopi dengan Jurusan varietas kopi apa, gitu," beber Jokowi.

Maka, perlu perubahan signifikan di pendidikan tinggi. Sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman saat ini. "Perguruan tinggi harus bisa beradaptasi," tambahnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads