TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Alihkan Rp670 Miliar Anggaran Belanja Pegawai ke Modal

Ashari Prawira Negara
Pemkot Makassar Alihkan Rp670 Miliar Anggaran Belanja Pegawai ke Modal
Pemkot Makassar mengalihkan anggaran belanja pegawai senilai Rp670 miliar ke belanja modal. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan merombak anggaran belanja pegawai dan akan fokus menambah belanja modal di Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021, totalnya mencapai Rp670 miliar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, saat ini belanja pegawai sangat tinggi dan terkesan pemborosan, sementara kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tak meningkat.

"Ini hari kedua, jadi komposisi saya rubah. Saya memotong belanja bahan bakar itu, Rp100 miliar biaya untuk pemborosan di kontrak, saya memotong 100 miliar di perjalanan, SPPD, 100 miliar dengan itu pembelian ATK," katanya.

Sementara TPP juga dilaporkan akan dipangkas sebesar Rp70 miliar. Alasannya, penggunaan anggaran yang tinggi tidak berbanding lurus dengan kinerja.

Danny melanjutkan, belanja pegawai akan diturunkan hingga 31%, dan belanja barang dan jasa diturunkan menjadi 21%. Sementara belanja modal akan dinaiikan dari 15% menjadi 29,7%. Hal ini, kata dia, agar pembangunan pada tahun 2022 bisa digencarkan.



Baca Juga: RPJMD 2021-2026, Belanja Modal Kabupaten Pangkep Ditambah

"Ada 670 miliar saya potong itu ke modal. Nda ada kita bisa bangun apa-apa (salama ini), ini cuman kasi habis uang untuk pegawai. Mohon maaf dalam tanda kutip senang-senang masa kerjanya Pemerintah Kota hanya makan-makan terus, jalan-jalan terus, habis saja uang," katanya.

Untuk mengakomodir peningkatan kinerja pegawai, pihaknya akan membentuk sistem kompetisi antar pegawai. Pegawai dengan kinerja terbaik akan diberi penghargaan khusus.

"Masa kita cari uang untuk pegawai saja. Baru kinerja tidak jelas. Jadi saya akan bangun birokrasi transparansi," tegasnya.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!