TOPIK TERPOPULER

Dinas PU Makassar dan USAID Kembali Bahas Pengelolaan Air Limbah Domestik

Ashari Prawira Negara
Dinas PU Makassar dan USAID Kembali Bahas Pengelolaan Air Limbah Domestik
Suasana pertemuan antara Wali Kota Makassar Danny Pomanto dengan pihak Dinas PU Makassar dan USAID IUWASH PLUS terkait peningkatan status UPTD ke BLUD PALD terkait pengelolaan air limbah domestik. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar didampingi USAID IUWASH PLUS kembali menggelar pertemuan lanjutan membahas progres peningkatan status UPTD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) PALD di rumah Wali Kota Makassar, Jalan Amirullah, Kamis (9/9) kemarin.

Pembimbing pembentukan BLUD dari USAID IUWASH PLUS, Selviana Hehanusa, mengatakan Makassar merupakan satu kota dari tiga kota yang didampinginya untuk menjadi BLUD.

Baca Juga: DPU dan Usaid Iuwash Bakal Bersinergi Kelola Limbah di Makassar

Kata dia, pertemuan dengan wali kota diharapkan bisa memantapkan pembentukan BLUD dalam rangka penanganan air dan limbah domestik ke depannya.

“UPTD sudah cukup lama dan kami ingin peningkatan menjadi BLUD, agar dapat lebih fokus untuk mengelola air limbah domestik di Kota Makassar," katanya.



Telebih dengan hadirnya IPAL Losari dan adanya peningkatan operasional Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Nipa Nipa kian memantapkan pengalihan UPTD ke BLUD.

Baca Juga: Dinas PU Apresiasi Langkah USAID Fasilitasi Diskusi UPT PAL Makassar

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan akan memperkuat kehadiran BLUD di tengah masyarakat, tanggung jawab akan dikaji dan sosialisasi akan dilakukan.

"Nanti kita kaji tanggung jawab dan buat perkuatan dan perlu disosialisasikan di tengah Masyarakat ” terang Danny.



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!