TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Pertimbangkan Bangun Kolam Retensi di Jalan Pettarani

Ashari Prawira Negara
Pemkot Makassar Pertimbangkan Bangun Kolam Retensi di Jalan Pettarani
Pemkot Makassar mempertimbangkan membangun kolam retensi untuk mengatasi genangan di Jalan AP Pettarani. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mempertimbangkan untuk membangun kolam retensi di Jalan AP Pettarani Kota Makassar, untuk minimalisir genangan yang kerap terjadi. 

"Di Pettarani dan rumahnya pak Plt. Itu yang layak kita bangun (kolam retensi), karena marak genangan," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. 

Baca Juga: Buron Setahun, Pelaku Tawuran di Makassar yang Tewaskan Korbannya Ditangkap

Menurutnya pembangunan kolam retensi hanya mampu mengakomodiri genangan-genangan kecil, Sehingga tidak bisa menjadi solusi utama dalam menghilangkan masalah banjir Makassar.

Sebaliknya untuk skala besar justru akan lebih efektif dengan pembenahan drainase dan jalur sungai. Semisal di Kodam III hingga antang Blok 8 dan 10.



Selama ini persoalan banjir di sana disebabkan adanya penyempitan jalur air yang butuh pembenahan khusus oleh kota.

"Tinggal disempurnakan aliran airnya dijaga karena air itu sifatnya alir, jadi kalau di sini dibikin di sana tidak dibikin, tetap tersumbat. Ada penyempitan di sekitar lurusannya Baruga. Itu saya akan bicarakan kepada semua pihak," lanjutnya.

Sebelumnya rencana pengadaan kolam retensi sempat disinggung di masa pemerintahan Plt Wali kota Makassar Iqbal Suhaeb. Rencana pembangunan tersebut menyasar Jalan Hertasning dan akan ditambah pada lahan-lahan lainnya.

Kolam retensi disebut menjadi salah satu solusi kongkret dalam penyediaan daerah resapan yang terus berkurang di Kota Makassar.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!