Ini Cara Mengembalikan Indera Perasa Setelah Sembuh dari Covid-19

Senin, 13 September 2021 - 09:20 WIB
loading...
Ini Cara Mengembalikan Indera Perasa Setelah Sembuh dari Covid-19
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan penyintas Covid-19 agar bisa segera sembuh dari gejala anosmia. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kehilangan fungsi indera perasa dan penciuman atau anosmia dialami banyak pasien Covid-19. Kondisi itu bahkan masih dialami meski sudah dinyatakan sembuh.

Kondisi yang tidak nyaman itu kerap membuat nafsu makan penyintas Covid-19 jadi menurun. Padahal, kebutuhan nutrisi harusnya terpenuhi, khususnya di masa-masa pemulihan agar stamina tubuh tetap terjaga.

Nah, berikut ini empat cara yang bisa dilakukan penyintas covid-19 agar bisa mengembalikan fungsi indera perasa, caranya melalui stimulus-stimulus alami supaya lidah kembali bisa mengecap cita rasa makanan, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (8/9/2021).

1. Konsumsi makanan atau minuman dengan rasa kuat

Kebanyakan orang yang mengalami gejala anosmia juga mengeluh lidahnya terasa pahit. Ketika tidak bisa menikmati berbagai rasa, Anda juga bisa menstimulasi fungsi lidah dengan makanan ataupun minuman yang mengandung bahan dengan rasa yang kuat. Misalnya lemon, jeruk nipis, cuka, bawang putih, dan lainnya.

Mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis seperti kue tart, smoothies, dan buah-buahan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengimbangi rasa pahit yang menurunkan nafsu makan.



2. Sering minum air

Mulut yang kering akan memperburuk kemampuan indera pengecap. Selain itu, rupanya mulut yang kering dapat mengurangi keoptimalan lidah mengidentifikasi rasa. Perbanyak minum air mineral bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menetralisir titik perasa pada lidah.

Jangan lupa untuk minum minimal 8 gelas atau sekira 2 liter air mineral sepanjang hari dan beberapa teguk di sela waktu makan supaya Anda bisa kembali menikmati sensasi rasa dari suatu makanan atau minuman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)