TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Verifikasi Ulang Jumlah Warga yang Sudah Divaksin

Ashari Prawira Negara
Pemkot Makassar Verifikasi Ulang Jumlah Warga yang Sudah Divaksin
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memutuskan akan mendata ulang jumlah masyarakat yang sudah divaksin Covid-19. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memutuskan akan mendata ulang jumlah masyarakat yang sudah divaksin Covid-19. Pasalnya, pendataan khusus di Kota Makassar dianggap tak valid.

Diketahui, vaksinasi Covid-19 di Makassar sudah mencapai 56% dari target 1.102.330 orang. Meski demikian, vaksinasi banyak diikuti oleh warga berasal dari luar Kota Makassar. Sehingga tidak merepresentasikan angka vaksinasi kota yang sesungguhnya.

Hal itu dibeberkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin saat rapat bersama vaksinasi kota Makassar di Ruang Sipakatau Lantai 2 Gedung Balaikota Makassar, Senin (13/9/2021).

"Kita sudah 56%, sekian. 56% itu merupakan warga Makassar, atau warga luar karena vaksinasi kita tidak pakai domisili. Karena arahannya Kemenkes siapa saja yang datang kita ambil saja," ujarnya.

Menurutnya, pendataan tersebut harus diambil dari aplikasi Pedulilindungi lantaran memuat data secara lengkap. Hanya saja, data tersebut disimpan secara eksklusif oleh pusat.



Baca Juga: Pemerintah Prioritaskan Vaksin untuk Daerah dengan Capaian Vaksinasi di Bawah 20%

Pendataan ulang warga yang sudah divaksin Covid-19 disebut berpotensi menurunkan persentase vaksinasi kota.

"Kami akan cek kembali apakah memang 56% itu sudah semuanya, karena memang ada sebulan itu kita ambil dari luar. Kita ambil saja siapa pun yang datang," lanjutnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah meminta ke Dinkes dan Kominfo agar data vaksinasi Covid-19 itu bisa secepatnya dibenahi.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!