Deretan Manfaat Madu untuk Kulit, Alternatif Pengganti Skincare

Selasa, 14 September 2021 - 07:57 WIB
loading...
Deretan Manfaat Madu untuk Kulit, Alternatif Pengganti Skincare
Madu memiliki banyak manfaat untuk kulit. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Madu dikenal sebagai bahan alami memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran jika selama pandemi, madu banyak diburu sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan imun.

Tapi bukan hanya untuk di dalam tubuh, madu juga bagus untuk di luar tubuh yakni kulit kita. Tidak heran jika kini banyak produk kecantikan kulit memasukkan madu dalam kandungan mereka.

Ahli dermatologis, dr Arini Astasari Widodo menjelaskan bermacam manfaat madu untuk kecantikan kulit. Menurutnya, madu memiliki sifat emolien dan humektan.

"Emolien menutup celah-celah kulit kita jadi madu masuk ke celah crack itu, dia mempertahankan kelembaban dan melindungi kulit kita. Lalu humektan artinya dia menarik air dari lingkungan ke kulit kita jadi kulit tetap hydrated dan juga menjaga kulit tetap muda, mengatur pH kulit dan mencegah infeksi,” jelas dr Arini di Webinar Good Skin is The Best Makeup.

Dia melanjutkan, madu juga memiliki banyak kandungan vitamin yang biasa ditemukan di skincare . Apalagi, madu merupakan bahan alami yang tidak melalui proses kimiawi.

"Jadi kalau biasa kita cari niacinamide pada skincare di madu juga ada. Lalu jika butuh zinc untuk treat kulit berjerawat juga ada pada madu. Madu mengandung banyak vitamin dan mineral,” jelas dia.



Menurut dia, berikut 10 manfaat madu bagi kecantikan kulit.

1. Melembabkan kulit

2. Melembutkan kulit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)